Dang Ike Hadiri Anjau Silau Bupati Tanggamus Dan Tokoh Adat Beserta Masyarakat

0 540

Tanggamus,Lampung–Irjen Pol, Dr, H, Ike Edwin, SH, MH, MM yang Bergelar Perdana Menteri Paksi Pak Sekala Brak Menghadiri Anjau Silau Bupati Tanggamus Dan Tokoh Adat Beserta Masyarakat, Untuk Mendukung Pembangunan Di Kabupaten Tanggamus, yang digelar Dikediaman Hi,Syahrani, Dusun Kalong Pekon Banjar Negeri Kecamatan Gunung Alip. (Sabtu 28/9/19).

Dihadiri oleh, Irjen Pol, Dr, H, Ike Edwin, SH, MH, MM yang Bergelar Perdana Menteri Paksi Pak Sekala Brak, Bupati Tanggamus yang diwakili oleh Asissten Bidang Kemasyarakatan Drs,Hi, Firman Rani, Kapolres Tanggamus yang diwakili oleh Wakapolres Tanggamus Kompol MN. Yuliansyah serta Kabag OPS Kompol Bunyamin, Kodim Tanggamus, Kapolsek Talang Padang, Kapolsek Pugung, Camat dan Kakon se-Gunung Alip, Camat dan Kakon se-Talang Padang, Efendi Yusuf adok Pangeran Bandakh Marga, Hariadi adok Pangeran Yudha Marga, Heriadi adok Khaja Kuta Negakha, serta masyarakat sekitar.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka Anjau Silau Bupati Tanggamus Dan Tokoh Adat Beserta Masyarakat, Untuk Mendukung Pembangunan Di Kabupaten Tanggamus yang dihadiri khusus oleh Irjen Pol, Dr, H, Ike Edwin, SH, MH, MM yang bergelar Perdana Menteri Paksi Pak Sekala Brak, serta santunan kepada anak Yatim dan pemberian adok kehormatan kepada Oki Agustiawan beserta Istri.

Dalam sambutannya Irjen Pol, Dr, H, Ike Edwin, SH, MH, MM yang Bergelar Perdana Menteri Paksi Pak Sekala Brak atau yang akrab di panggil Dang Ike menyampaikan bahwa hanya Lampung yang memiliki suku, bahasa, dan aksara, hanya satu.

Tidak seperti daerah yang lain yang ada di Indonesia, yang memiliki lebih dari satu suku di dalam satu Provinsi. Seperti contoh Provinsi Sulawesi Selatan, ada Suku Bugis.
Suku Mandar, Suku Toraja, Suku Benton, Suku Duri, Suku Enrekan, Suku konjo Pegunungan, Suku Konjo Pesisir.

” Berbanggalah karena Lampung memiliki suku, aksara, bahasa hanya satu, tidak ada suku Lampung Tanggamus atau suku Lampung barat, yang ada hanya satu yaitu suku Lampung ” ungkap Dang Ike.

Sementara itu Efendi Yusuf yang bergelar Pangeran Banjakh Marga, menyampaikan kritiknya terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, yang menurutnya kurang begitu mengangkat budaya Lampung yang ada di Kabupaten Tanggamus,

” Pemkab Tanggamus kurang maksimal dalam pembangunan karakter yang berbasis budaya lampung ” kata Efendi Yusuf.

Sementara itu kritikan Efendi Yusuf, lewat pidatonya langsung dibantah oleh Drs, Hi, Firman Rani selaku Asissten Bidang Kemasyarakatan Pemkab Tanggsmus, Ia menyebutkan bahwa Pemkab Tanggamus sudah sangat serius dalam membangun dan mengembangkan adat lampung yang ada di Tanggamus.

Salah satu contohnya Pemkab Tanggamus akan segara membangun rumah adat di Kotaagung, yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya seluruh adat Lampung yang ada di Tanggamus ini, dan sebagai pemersatu antara suku Lampung dan suku pendatang yang ada di Kabupaten Tanggamus.

” Kami serius membangun adat Lampung yang ada di Tanggamus ini, hal itu sudah dibuktikan lewat beberapa program kami ” jawab Firman

Diakhir acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak Yatim yang diteruskan kepada pemberian adok kepada Oki Agustiawan dan Leni Karlina oleh Edi Pulampas. Oki Agustiawan diberikan adok Khadin Darma Bangsawan dan Leni Karlina adokni Minak Lestakhi. ( PG 1).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ