Dankodiklatal Beri Pembekalan Kepada Seluruh Siswa Perwira

oleh -89 views

 

Kodiklatal Surabaya, 9 Februari 2021, Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal), Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat memberi pembekalan kepada seluruh siswa Perwira yang sedang menempuh pendidikan di Kodiklatal. Pembekalan kepada seluruh siswa perwira yang mayoritas prajurit strata Perwira Pertama (Pama) tersebut dilaksanakan di gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa, (9/2/2021).

Para siswa Perwira yang mendapatkan pembekalan ini sebanyak 180 orang terdiri Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan ke-30 Ta 2021 diikuti 95 orang, Pendidikan Matra 1 diikuti 40 orang Pendidikan Aplikasi 1 diikuti 4 orang dan dan Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) Angkatan ke-27 B khusus tenaga kesehatan diikuti 42 orang.

Dalam pembekalan tersebut Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa dinamika perubahan global saat ini yang ditandai dengan terjadinya Revolusi Industri 4.0 Internet of Thing, Big Data berpengaruh terhadap kehidupan manusia antara lain kemudahan akses komunikasi, kecanggihan teknologi mengganti pekerjaan manusia, penggunaan ruang siber dan digitaisasi serta otomatisasi di semua sektor.

Perubahan ini juga memiliki dampak negatifnya dalam kehidupan antara lain keterbukaan dengan kerahasiaan yang sulit terjaga, privasi pribadi semakin terbuka, individualisme akibat menurunya interaksi, kehidupan kita yang ketergantungan teknologi, masuk ke ruang yang sangat privasi tanpa sekat, menghilangkan nilai budaya tradisi dan norma serta bisa mengadu domba.

Menurutnya dalam perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M poin ke dua disebutkan bahwa TNI AL berupaya dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI Angkatan laut yang unggul dan profesional serta tangguh mengadapi segala ancaman. Kodiklatal sebagai lembaga pendidikan mencetak prajurit matra laut pengawak organisasi terus berupaya meningkatkan kualitasnya SDMnya baik sebagai pengawak maupun siswa yang dihasilkan.

Peningkatan SDM tersebut seiring dengan tugas pokok Kodiklatal yaitu menyelenggarakan pembinaan Doktrin dan organisasi satuan dijajaran TNI AL, melaksanakan pendidikan dan latihan baik siswa dan prajurit TNI Angkatan laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

728×90 Leaderbord

Lebih lanjut disampaikan bahwa Figur seorang pemimpin haruslah bermoral yang memiliki kualitas personil yang sensitif, humanistik yang peduli pada manusia dan masyarakat. Profesional yaitu memiliki penguasaan keilmuan atau keahlian, Jiwa korsa, etika dan tanggung jawab. Figur lainya berani yaitu memiliki karakter berani menghadapi dan menciptakan perubahan dalam arti positif dan berani mengambil keputusan serta berani menghadapi resiko meskipun hal itu mengancam jiwa dan raga.

Tampak hadir dalam pembekalan tersebut para pejabat utama Kodiklatal antara lain Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han)., CHRMP, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Eko Wahjono, para Direktur Kodiklatal, Inspektorat Kodiklatal, Kapokgadik, para Dankodik, Danpuslat jajaran Kodiklatal.