Dankodiklatal Berikan Pembekalan Peserta Wasdal Latihan Armada Jaya ke-39 TA 2021

oleh -87 views

 

Kodiklatal Surabaya, 9 Juni 2021,Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Direktur Latihan (Dirlat) memberikan pembekalan kepada peserta Pengawas dan Pengendali (Wasdal) Armada Jaya ke-39 TA 2021 melalui Virtual, Rabu, (9/6/2021).

Selain secara virtual dalam pembekalan tersebut juga dilaksanakan tatap muka langsung yang digelar di Auditorium gedung R Sudomo Puslatopsla Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, untuk peserta lainya berada di beberapa Kotama antara lain Koarmada I, Koarmada II, Koarmada III dan Kormar Jakarta.

Dalam pembekalanya Dankodikatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa Latihan puncak TNI AL Armada Jaya ke-39 TA 2021 ini berbeda dari Latihan Armada Jaya sebelumnya, untuk latihan sebelumnya hanya dilaksanakan pada tingkat Elektronik (E-Geladi Posko) sedangkan pelaksanaan tahun ini setelah E Geladi Posko akan dilanjutkan dengan Mauvra Lapangan (Manlap) mulai perairan Laut Jawa hingga perairan Pulau Singkep Riau Kepulauan.

Menurutnya pembekalan sekaligus penataran Wasdal ini dilaksanakan sebelum penataran peserta untuk menyamakan persepsi satu kata, satu pengertian, satu referensi sehingga dalam pelaksanaan latihan puncak TNI AL ini dapat berjalan lancar sesuai dengan skenario yang diprogramkan.

Dankodiklatal ini juga menyampaikan sebelum pelaksanaan latihan diawali dengan terbitnya Perintah Pendahuluan (Prindul) dan Direktif dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M untuk melaksanakan perencanaan, melaksanakan persiapan dan melaksanakan Latihan di daerah operasi yang telah ditetapkan. Tahap perencanaan diawali pembentukan Kelompok Perencana Latihan (KPL), tahap persipan melaksanakan survei daerah operasi, sebelum tahap pelaksanaan dilaksanakan koordinasi untuk mengecek kesiapan unsur alutsista yang akan terlibat latihan.

Selain itu juga disampaikan bahwa Latihan Armada Jaya selalu dilaksanakan dengan medan operasi yang berbeda, dengan harapan para peserta yang tergabung dalam Komando Tugas (Kogas) menjadi lebih profesionalisme. Selain itu dengan daerah operasi tempat baru akan mengintensifkan diskusi karena latihan ini merupaka medan operasi yang sesungguhnya sekaligus menjadi tantangan para Kogas.

Selesai pembekalan Dankodiklatal dilanjutkan penyampaian Skenario latihan oleh Deputi Strategi Brigjen TNI (Mar) Endang Taryo, S.E., M.Si., CHRMP, penyampaian mekanisme operasi Latihan oleh Deputi Olah Yudha Laksma TNI Rachmad Jayadi dan penyamapaia sistim penilaian dari Laksma TNI Aruman, S.E .

No More Posts Available.

No more pages to load.