Dankodiklatal dan Pejabat Utama Hadiri Rapat Pimpinan TNI AL Tahun 2021

oleh -71 views

 

Kodiklatal Surabaya, 18 Februari 2021,Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat bersama pejabat Utama Kodiklatal menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Angkatan Laut Tahun 2021 secara Vidio Conference (Vicon). Kegiatan ini dipimpin langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dari Auditorium Denma Mabesal Cilangkap, sedangkan pejabat Utama Kodiklatal di Ruang Joglo Moeljadi Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis, (18/2/2021).

Rapim TNI AL ini diikuti 282 Perwira dengan rincian 31 perwira tatap muka di Auditorium Mabesal sedangkan 251 orang perwira lainya melalui Vicon yang tersebar di jajaran Kotama TNI AL Seluruh wilayah Indonesia. Adapun pejabat Utama Kodiklatal yang turut serta dalam Rapim di Ruang Joglo adalah Dirdiklat Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si, Dirum Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, Dirjianbang Laksma TNI I Wayan Suarjaya, S.Sos dan Dirdok Laksma TNI Antongan Simatupang. Sedangkan Dankodikopsla Laksma TNI Eko Wahjono, S.E melaksanakan di Mako Kodikopsla Ujung Surabaya.

Adapun tema yang diambil dalam pelaksanaan Rapim TNI AL tahun 2021 ini adalah TNI AL yang profesional, modern dan tangguh siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta menjaga persatuan dan ketauan bangsa demi keutuhan NKRI.

Kegiatan diawali dengan Pembukaan MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pernyataan pembukaan Rapim oleh Kasal dilanjutkan penyamapaian arah kebijakan Pemerintah, Panglima TNI tahun 2021 dan pokok pokok kebijakan Kasal ditahun 2021. Setelah pelaksanaan break kegiatan dilanjutkan dengan paparan Irjenal, paparan Asrena Kasal dan paparan Kadiskesal.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan Rapim TNI AL ini tindak lanjut dari Rapim TNI Polri dan Rapim TNI sebelumnya. Dalam Rapim TNI Polri Presiden RI Ir H. Joko Widodo menyatakan bahwa TNI dan Polri selalu berada di garda terdepan dalam penanganan setiap bencana maupun krisis. Salah satu upaya yang dilakukan prajurit TNI adalah mendisiplinkan protokol kesehatan dan mendukung pelaksanaan vaksinasi massal.

Sedangkan dalam Rapim TNI, Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P., menyampaikan bahwa TNI Kuat, Solid, Profesional, dicintai rakyat siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI. Panglima TNI memerintahkan agar prajurit TNI mendukung agenda yang diprioritaskan pemerintah dan memperkuat dalam upaya penaggulangan bencana.

728×90 Leaderbord

Lebih lanjut disampaikan bahwa Visi Kasal adalah terwujudnya TNI Angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Sedangkan Misi Kasal adalah mewujudkan Prajurit TNI AL yang profesional, tangguh dan berkarakter, membagun struktur kekuatan TNI AL dengan manajemen organisasi modern efektif dan efisien. Misi lainya adalah mewujudkan Sistim Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terintegrasi, membina kekuatan dan kesiapan operasional TNI AL sebagai kekuatan utama matra laut.

Dalam melaksanakan roda oraganisasi TNI AL, ada sembilan prioritas Kasal yang harus dilaksanakan, sedangkan ditahun 2021 dirinya memfokuskan pada kebijakan pembangunan Sumber Daya Manusia, kesiapan operasional, pengembangan kemampauan dan peningkatan interoperabilitas.

Diakhir sambutan Rapim TNI AL Kasal memberikan beberapa penekanan yang harus ditindak lanjuti antara lain agar seluruh Satker TNI AL dan prajurit mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional, menjabarkan dan menindak lanjuti pokok pokok kebikajan Kasal dengan merencanakan, melaksanakan dan melaporkan.

Kebijakan lainya adalah memfokuskan penggunaan anggaran didasari prioritas, menyusun strategi pemenuhan dan penataan manjemen personil dan mengutamakan kesiapan operasional, mengembangkan ide dan inovasi dalam mewujudkan peningkatan kekuatan TNI AL dan mewujudkan sinergitas bersama komponen kekuatan pertahanan keamanan negara.