Dankodiklatal Hadiri Paparan Pembentukan Koarmada Republik Indonesia Melalui Daring

oleh -152 views

 

Kodiklatal Surabaya, 30 Juni 2021,Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menghadiri paparan rencana pembentukan Komando Armada (Koarmada) Republik Indonesia melalui Daring di Ruang Puskodal Gedung Ki Hadjar Dewantara Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Adapun paparan pembentukan Koarmada RI tersebut dipimpin langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dari ruang Mabesal Cilangkap Jakarta, Rabu, (30/6/2021).

Selain diikuti Dankodiklatal paparan melalui Daring tersebut juga diikuti para pejabat Utama Mabesal dan para Panglima Komando Utama (Pangkotama) TNI Angkatan Laut diseluruh wilayah Indonesia.

Adapun dasar pembentukan Koarmada RI adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang susunan Organisasi TNI, Peraturan Panglima (Perpang) Nomor 37 tahun 2019 tentang struktur Organisasi, jabatan dan kepangkatan dilingkungan TNI dan Perpang TNI Nomor 19 tentang organisasi dan tugas Kotama Pembinaan Markas Besar TNI Angkatan Laut.

Dengan adanya Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang susunan Organisasi TNI maka susunan organisasi di Mabesal juga mengalami beberapa perubahan. Sebagai organisasi baru Koarmada RI merupakan Kotama Operasi dibawah Panglima TNI dan Kotama Pembinaan dibawah Kasal. Pembentukan Koarmada ini juga mengacu arahan Kasal pada FGD Organisasi Koarmada RI bulan Maret 2021 di Auditorium Denma Mabesal untuk membentuk Pokja yang menyusun naskah Organisasi Koarmada RI disesuaikan dengan hasil pelaksanaan FGD.

Untuk Struktur Jabatan TNI AL saat ini terdiri empat komponen yaitu unsur Pimpinan terdiri Kasal dan Wakasal, Unsur Pembantu Pimpinan, Unsur Pelayanan, Unsur Balakpus dan Kotama Pembinaan, sedangkan sesuai Perpres Nomor 66 Tahun 2019 Struktur Jabatan TNI AL hanya ada dua yaitu Unsur Pimpinan meliputi Kasal dan Wakasal, serta Kotama Pembinaan meliputi Koarmada RI dijabat Pati Bintang tiga membawahi Koarmada I, II dan III, sedangkan Kotama Pembinaan lainya adalah Kodiklatal, Pushidrosal dijabat Pati Bintang tiga dan Kolinlamil, Kormar dijabat Pati Bintang dua.

No More Posts Available.

No more pages to load.