Dankodiklatal: Jadilah Prajurit TNI AL yang Tanggap Tanggon dan Trengginas

oleh -107 views

 

Kodiklatal Sidoarjo, 11 Mei 2021,“Hari ini kalian kalian dilantik dan disumpah untuk menjadi prajurit TNI AL dengan pangkat Kelasi Dua dan Prajurit dua, setelah menjadi prajurit Tamtama TNI AL jadilah prajurit yang tanggap, tanggon dan terngginas. “Demikian disampaikan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat saat melantik dan mengambil sumpah program Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karier (Dikmata PK) Angkatan ke-40 Gelombang 2 yang dilaksanakan di Lapangan Kawah Candradimuka Pusat Latihan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal Juanda Sidoarjo, Jumat (14/8).

Pelantikan dan pemgambilan sumpah tersebut diikuti 693 Siswa Dikmata PK Angkatan ke-40 Gelombang 2 . Tampak hadir dalam upacara tersebut Wadan Kodiklatal Mayjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han)., CHRMP, Danpuspenerbal, Inspektur Kodiklatal, Kepala Kelompok Tenaga Pendidik, Kadispisial, Para Direktur dan Komandan Kodik di jajaran Kodiklatal.

Kegiatan Pelantikan dan pengambilan sumpah ini merupakan pelaksanaan dari Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Agkatan Laut yang unggul, profesional dan tangguh dalam dalam menghadapi segala ancaman.

Setelah pengambilan sumpah dan pelantikan, 693 Siswa Tamtama baru tersebut selanjutnya akan melanjutkan pendidikan Dasar Golongan lanjutan dan Kejuruan di tiga Komando Pendidikan (Kodik)di bawah Kodiklatal yakni Kodikopsla, Kodikdukum dan Kodikmar.

Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung Surabaya mendidik 250 siswa Kejuruan Navigasi dan Bahari, kejuruan Isyarat dan Telegrafis, kejuruan meriam dan amonisi, serta Kejuruan Senjata Bawah Air, yang kesemuanya akan menempuh pendidikan di Pusdikpel. Sementara Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) yang berlokasi di Gunungsari akan mendidik 200 siswa kejuruan Marinir.

Sedangkan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Bumimoro mendidik 243 siswa terdiri Kejuruan Mesin, Listrik dan Angkutan yang akan menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek), kejuruan Tata Usaha, Keuangan, Perbekalan, tata Graha, Jasmani dan Kejuruan Musik menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin)

Kejuruan lainya adalah elektronik akan menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Elektro (Pusdiklek), kejuruan kesehatan menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) dan kejuruan Polisi Militer menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpomal) .

Selain menekankan agar menjadi prajurit yang tanggap, tanggon dan trengginas, dalam sambutanya Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan di Puslatdiksarmil selama 5 bulan, sehingga pada hari ini secara resmi para siswa berhak menggunakan pangkat kelasi dua dan Prajurit Dua.

Dalam kesempatan tersebut Dankodiklatal juga berharap dari pendidikan di Puslatdiksarmil ini dapat mengubah para siswa yang semula berasal dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AL yang berkarakter militer seutuhnya, yaitu memiliki kesamaptaan jasmani yang prima, kejuangan yang andal, serta kemampuan akademis bidang kemiliteran yang memadai untuk mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak para siswa yang berasal dari masyarakat umum serta siap dikembangkan dalam pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik terkait sesuai korps masing-masing.

No More Posts Available.

No more pages to load.