Dankodiklatal Resmikan Program E-Learning Kodiklatal

oleh -303 views

 

Surabaya, 27 Oktober 2020.Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Muda TNI Nurhidayat meresmikan penggunaan program E-Learning Kodiklatal di Gedung Serbaguna Srikandi Kodiklatal Bumimoro Surabaya (26/10).

Program yang berbasis teknologi informasi tersebut diresmikan penggunaannya setelah Dankodiklatal menerima paparan dari Komandan Sekolah Perwira Elektronika (Dansepalek) Pusdiklek Letkol Laut (E) Ahmad Farizal, S.T., M.Tr.(Hanla) tentang kesiapan penggunaan E-Learning di lingkungan Kodiklatal.

Peluncuran program E-learning Kodiklatal tersebut disaksikan oleh para Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman, para Direktur Kodiklatal, Irkodiklatal, para Dankodik serta para Danpuslat jajaran Kodiklatal.

Pragram E-Learning Kodiklatal bertujuan untuk mempermudah proses belajar dan mengajar bagi prajurit siswa maupun instruktur Kodiklatal dengan memanfaatkan media elektronik, dalam bentuk interaktif, berbasis aplikasi, berbasis website, audio visual dan cloud computing.

Pengembangan E-learning Kodiklatal sesuai dengan perintah Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang menginstruksikan agar setiap satuan berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan rutinitas yang tidak produktif. Dengan terobosan ini, diharapkan tugas yang diemban Kodiklatal dalam mencetak prajurit matra laut yang unggul, profesional dan tangguh terhadap segala tantangan dapat tercapai.

Aplikasi E-Learning mengandung berbagai data, baik berupa e-dokumen, e-book, e-paket instruksi, video pembelajaran dan foto kegiatan. Data tersebut dapat diakses oleh siswa dan instruktur dengan memanfaatkan jaringan internet. Ke depan E-Learning ini akan dikembangkan terus sehingga dapat di akses dari manapun dan kapanpun.

728×90 Leaderbord

Menurut Dankodiklatal, program ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Kodiklatal dalam mencetak prajurit matra laut yang unggul dan profesional dan sekaligus merupakan terobosan Kodiklatal dalam mendukung dan mensukseskan program Reformasi Birokrasi Kodiklatal dan TNI AL.

Untuk mendukung kelancaran program tersebut, Dankodiklatal berharap agar masing-masing Kodik dapat memasukan paket-paket instruksi dan kegiatan Kodik ke dalam pragram ini dan sekaligus dapat meningkatkan sarana pendukung dalam opersaional E-Learning ini, seperti dengan menambah router dan bandwidth di masing-masing Kesatrian sehingga E-Learning dapat dimanfaatkan keberadaanya oleh siswa dan instruktur.

Program E-learning Kodiklatal ini sangat mudah digunakan oleh siswa dan instruktur melalui handphone dan laptop masing-masing. Untuk itu, Dankodiklatal berharap agar seluruh siswa Kodiklatal dapat menggunakan handphone secara benar dan bijak baik saat berada di kelas maupun di mess. Penggunaan Handphone di kelas sepenuhnya untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.