Dankodiklatal Terima Paparan Rencana Garis Besar Latsunaslat TA 2021

oleh -212 views

 

Kodiklatal Surabaya, 11 Februari 2021,Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) Latihan Penyusunan Naskah Latihan (Latsunaslat) Ta 2021 yang disampaikan langsung Paban IV Rencana Latihan (Renlat) Direktorat Pendidikan dan Latihan (Ditdiklat) Kodiklatal Kolonel Marinir Fery P. Marpaung di Gedung Serbaguna Srikandi Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis, (11/2/2021).

Hadir dalam paparan tersebut Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han)., CHRMP, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Eko Wahjono, S.E, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan Komandan Puslat di jajaran Kodiklatal.

Mengawali paparanya Paban IV Renlat Ditdiklat Kolonel Marinir Fery P. Marpaung menyampaikan bahwa latar belakang dari pelaksanaan Latsunaslat adalah persiapan untuk mendukung latihan pada skala besar, oleh sebab itu dibutuhkan penyegaran latihan yang cermat melalui tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran. Selain itu agar para peserta memilki pengetahuan dan kemampuan apabila terlibat dalam staf perencana latihan pada giat latihan tingkat matra maupun latihan gabungan TNI.

Adapun tujuan latihan ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan personil dalam menyusun naskah latihan meliputi RGB, Buku I, Buku IIA, Buku IIB dan Buku III. Sedangkan sasaran Latihan adalah pelaku latihan menguasai penyusunan RGB latihan Buku I, Buku IIA, Buku IIB dan Buku III pada penyelenggaraan latihan operasi gabungan TNI. Sasaran lainya adalah tercapainya tingkat pemahaman dan kemampuan dalam menyusun latihan.

Latihan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Maret hingga tanggal 10 April 2021 tersebut melibatkan 211 peserta terdiri pelaku 138 orang, pendukung 18 orang, penyelenggara latihan 38 orang, penilai 10 orang, peninjau 2 orang, tim evaluasi 7 orang dan penasehat 2 orang.

Dalam pelaksanaan Latsunaslat ini Pemimpin Umum Latihan dijabat Kasal, Penasehat Latihan dijabat Irjenal dan Koorsahli Kasal, Katim Evaluasi dijabat Asops Kasal, Direktur Latihan Latsunaslat dijabat Komandan Kodiklatal, Wadirlat dijabat Wadan Kodiklatal, peninjau dijabat Kadisopslatal dan Ketua KPL dijabat Dirdiklat Kodiklatal.

728×90 Leaderbord

Sementara itu Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampikan bahwa latihan bagi seorang prajurit sangat diperlukan, karena melalui latihan akan terbentuk prajurit yang profesional, unggul serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.