Danlanal Bintan Pimpin Apel Gabungan Bersama Unsur KRI di Wilayah Tanjung Uban

Danlanal Bintan Pimpin Apel Gabungan Bersama Unsur KRI di Wilayah Tanjung Uban

Daerah42 Dilihat

 

TNI AL, Bintan,- Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., pimpin Apel Gabungan bersama unsur-unsur KRI yang berada di Tanjung Uban, bertempat di Dermaga Fasharkan Mentigi, Senin (27/05/2024).

Apel Gabungan yang diselenggarakan tersebut dalam rangka menjaga soliditas antara jajaran yang berada di Pangkalan dengan Satuan/Unsur yang sandar di Tanjung Uban. Dimana kita ketahui bahwa fungsi Pangkalan adalah untuk menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut (KRI, Pesawat Udara TNI AL, dan Marinir), melaksanakan Patroli Keamanan Laut Terbatas (Patkamlatas), dan melaksanakan pemberdayaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan, dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki pangkalan sendiri maupun sarana dan prasarana instansi terkait, serta menyelenggarakan dukungan bagi kesatuan non TNI AL sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., mengatakan kepada peserta apel bahwa tujuan dari dilaksanakannya apel gabungan tersebut agar jajaran yang ada di Pangkalan maupun unsur-unsur Kapal Perang (KRI) yang saat ini berada di Tanjung Uban untuk ikut serta menciptakan situasi aman, nyaman, tertib, serta ikut bersama-sama dengan masyarakat sekitar turut menjaga kedamaian dan Kamtibmas agar tetap kondusif.

Lebih jauh Komandan Lanal Bintan menekankan agar jadilah pelopor dan suri tauladan yang baik bagi masyarakat sekitar, ciptakan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, isi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Manfaatkan sarana dan prasarana yang ada di Pangkalan saat ini, rawat dan jaga sarana tersebut dengan sebaik-baiknya sehinga dapat dimanfaatkan pemakaiannya dalam kurun waktu yang lama.

Diakhir arahannya, Danlanal Bintan mengatakan kepada jajaran TNI AL yang ada di Tanjung Uban untuk selalu bersinergi dengan satuan-satuan lain, baik dari TNI-Polri maupun instansi pemerintah lainnya yang ada di Tanjung Uban, sehingga Tanjung Uban tetap menjadi wilayah yang aman dan kondusif.

(Pen Lanal Bintan)