Danlanal Bintan Pimpin Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional Ke-115 Tahun 2023

Daerah589 Dilihat

 

TNI AL, Bintan,- Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc, sebagai Inspektur Upacara Bendera pada Peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023, dengan komandan upacara Kapten Laut (E) Muhammad Arifin, dan peserta upacara terdiri dari Prajurit Lanal Bintan, prajurit Satrol Koarmada I, Prajurit Satkat Koarmada I, Prajurit Satuan Koarmada I, Prajurit Fasharkan Mentigi, bertempat di Lapangan Hang Tuah Mako Lanal Bintan, Jalan Kesatrian No. 4 Tanjung Uban, Bintan, Senin (22/05/2023).

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Gerard Plate yang dibacakan oleh Komandan Lanal Bintan mengatakan bahwa “Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahumembahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun”.

Kebangkitan Indonesia ditengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita diberbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama ibu pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema “recover together, recover stronger”.

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum Asean di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu. Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pascapandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema “Asean Matters: Epicentrum Of Growth”. Dengan mengusung tema tersebut, Indonesia ingin menjadikan asia tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi asean sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pascapandemi covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045. Mengutip perkataan dr. Soetomo, “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”. Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari 3 merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan. Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit.

Turut hadir dalam upacara tersebut Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Basuki Tri Usodo, Komandan Satkat Koarmada I Kolonel laut (P) Osben Alibos Naibaho, Komandan Satran Koarmada I Kolonel Laut (P) Jazim Aziz Mustikawan, Wadan Kolat Koarmada I Letkol Laut (P) Yoni Nova Kusumawan, S.E., M.M., M.Tr, Opsla, Kabagren Fasharkan Mentigi Letkol Laut (T) Monang Malau, Komandan KRI Lemadang-632 Letkol Laut (P) Hanny Chandra Sukmana, Perwira Staf Lanal Bintan, Perwira Staf Satran Koarmada I, Perwira Staf Satkat Koarmada I, Perwira Staf Fasharkan Mentigi.

(Pen Lanal Bintan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *