Danlantamal V Hadiri Peresmian Monumen KRI Matjan Tutul Oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut

oleh -166 views

 

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc., Sc., hadiri peresmian Monumen KRI Matjan Tutul oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bertempat di Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro, Surabaya, Rabu (17/03). Kedatangan Komandan Lantamal V pada acara peresmian tersebut didampingi oleh Ketua Korcab V Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Asih Zaenal.

KRI Matjan Tutul merupakan Kapal bersejarah bagi bangsa Indonesia khususnya TNI AL. Kapal buatan Jerman barat ini, merupakan pelaku pertempuran heroik di perairan Laut Aru pada 15 Januari 1962 melawan Angkatan Laut Belanda pada perjuangan pembebasan Irian Barat.

Dalam peristiwa tersebut KRI Matjan Tutul tenggelam bersama Komodor Yos Sudarso sebagai pahlawan bangsa, dan hingga kini tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Dharma Samudera.

Monumen berbentuk kapal yang diresmikan oleh Kasal ini memiliki panjang 21 meter dan lebar 3,5 meter. Diungkapkan Laksamana TNI Yudo Margono saat peresmian bahwa, dengan adanya monument ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme Taruna AAL, menjadi motivasi dan pendorong semangat meneladani kepemimpinan Komodor Yos Sudarso sebagai bekal menjadi perwira TNI AL yang profesional dan berkarakter guna mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.