Danlantamal VIII Hadiri Peringatan Sumpah Pemuda Ke-92 Tahun 2020

oleh -182 views

 

Manado 28 Oktober 2020,Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas menghadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92 Tahun 2020, bersama Pjs Gubernur Sulut Dr. Drs. Agus Fatoni M.Si dan Forkompinda Sulawesi Utara (Sulut) dari Wisma Negara Bumi Beringin, Manado. Rabu (28/10).

Melalui video conference, peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92 Tahun 2020 ditayangkan secara langsung dengan mendengarkan pidato Presiden RI Ir. Joko Widodo dari istana negara.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengajak kepada para pemuda dari seluruh penjuru nusantara untuk menyisihkan perbedaan suku, agama, dan bahasa daerah untuk bersumpah menjadi Indonesia yang satu. “Bersatu dan bekerja sama adalah kunci untuk mencapai Indonesia maju,”ucapnya. Karena itu, Presiden mengimbau agar upaya-upaya untuk menjaga persatuan harus terus dilakukan. Seluruh elemen masyarakat harus bekerja sama merawat ke-Indonesiaan dan itu harus selalu dijaga dengan semangat solidaritas dan rasa persaudaraan.

MGID In-article

Lebih lanjut, kata Jokowi, persatuan harus terus diperjuangkan dengan menghargai perbedaan, menjaga toleransi, serta menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Untuk mewujudkan Indonesia yang satu, masyarakat juga harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata. Caranya, membangun Indonesia sentris dengan membangun dari pinggiran, desa, dari pulau terdepan hingga perbatasan. “Kita juga membangun infrastruktur yang memudahkan konektivitas antarwilayah, antarpulau, untuk mensatukan Indonesia,” kata Jokowi. Oleh karena itu, di momen sumpah pemuda yang ke-92 Presiden RI Ir. Joko Widodo meresmikan stasiun TVRI di Papua Barat, sebagai komitmen pemerintah menjaga persatuan dan pemerataan akses informasi.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan, bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini mengusung tema besar “Bersatu dan Bangkit”. “Bersatu berarti kita harus bergerak bersama, bersatu berarti kita harus bergotong royong, bersatu berarti kita harus mengedepankan persamaan di antara sesama anak bangsa,” jelas Menpora.

Selanjutnya, Menpora menuturkan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda ini harus menjadi momentum bangkitnya pemuda Indonesia dalam menghadapi Pandemi Covid-19. “Peringatan Sumpah Pemuda tahun 2020 ini harus menjadi momentum bangkitnya pemuda, bangkit bukan hanya menghadapi keterpurukan dalam lini dan sektor kehidupan, tetapi pemuda Indonesia memliki peran yang besar untuk menjadi contoh di masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19,” sambung Menpora

728×90 Leaderbord

Selain Danlantamal VIII turut hadir Wakil Ketua DPRD Sulut Victor Mailangkay, Sekprov Sulut Edwin H. Silangen, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han), Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si., Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Ka BNN Sulut Brigjen Pol Jeffry Lasut, Danlanudsri Kolonel Pnb Abram Tumanduk, Perwakilan Bakamla Zona Tengah, Perwakilan Binda Sulut, Perwakilan Kejaksaan Tinggi Sulut.

MGID In-article