Danpusdikkes Kodiklatal Beri Pembekalan Kesehatan Kepada Siswa Perwira

oleh -104 views

 

Kodiklatal Surabaya, 10 Februari 2021, Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan (Danpusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort yang juga Dansatgas penanganan Covid 19 Kodiklatal memberikan pembekalan kesehatan kepada Perwira Siswa (Pasis) Pusdiklapa Kodikopsla. Pembekalan Kesehatan ini diikuti 180 orang Pasis, merupakan rangkaian masa orientasi siswa Pusdiklapa yang dilaksanakan di gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (10/2/2021).

Ke-180 perwira ini terdiri 95 orang siswa Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan ke-30 Ta 2021, 40 orang siswa Pendidikan Matra 1, 4 orang Siswa Pendidikan Aplikasi 1 diikuti dan 42 orang siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) Angkatan ke-27 B khusus tenaga kesehatan.

Mengawali pembekalan Danpusdikkes Kodikdukum Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort menyampaikan bahwa penyebaran pandemi virus covid 19 di Indonesia hingga saat ini masih tinggi. Sehubungan dengan penyebaran tersebut Kodiklatal sebagai lembaga pendidikan TNI AL haruslah tetap waspada karena ditempat ini setiap awal prodik akan masuk siswa baru yang berasal dari luar Kodiklatal. Oleh sebab itu di masa orientasai siswa ini perlu pembekalan dan pemahaman betapa bahayanya virus Covid 19 terhadap kesehatan manusia.

Menurutnya saat ini situasi Covid 19 di Indonesia jumlah terpapar 1.157.837 orang, sembuh 949.990 orang meninggal 31.556 orang. Adapun virus corona ini Penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS CoV-2). Masa inkubasi jangka waktu antara terjangkit virus dan munculnya gejala penyakit rata-rata 5-6 hari, dengan range antara 1 dan 14 hari.

Prinsip penyebaran lewat droplet besar yang dikeluarkan penderita melalui kontak langsung dengan berjabat tangan dan droplet kecil melalui udara karena virus ini dapat bertahan di udara dalam beberapa jam terlebih bila di ruangan tertutup dengan ventilasi yang tidak memadai.

Gejala yang dirasakan apabila terjangkit virus covid 19 adalah demam, batuk, merasa lelah, hilang kemampuan mencium atau merasakan, sakit kepala nyeri otot atau sendi, mual atau muntah, diare, menggigil atau pusing, sesak napas dan temperatur tinggi di atas 38 derajat Celcius. Apabila terpapar dengan gejala ringan bisa Isolasi mandiri di rumah dan bila gejala sedang atau besar bisa di bawa ke rumah sakit daruarat atau rumah sakit rujukan.

728×90 Leaderbord

Untuk pencegahannya melaksanakan 5 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan 3 T yaitu testing, tracing dan treatment, sedangkan pencegahan terakhir melaksanakan vaksin.

Selama pandemi ini tata kelola siswa di Kodiklatal sebagai berikut siswa wajib menggunakan masker sepanjang hari, tidak melaksanakan pesiar dan week end selama pendidikan, melaksanakan aktifitas olahraga bersama dengan menjaga jarak, tidak dianjurkan menyanyi saat dalam barisan, menghindari kegiatan berkerumun, berkelompok tanpa menggunakan masker dan menghindari makan bersama