Danpusdikpel Kodiklatal Kolonel Laut (P) Teguh Wibowo, M.Tr. Hanla Tutup Dikmata PK TNI AL XX/1

oleh -132 views

 

Kodiklatal Surabaya, 26 Januari 2021Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Pusdikpel) Komando Pendidikan Operasi laut (Kodikopsla) Kodiklatal Kolonel Laut (P) Teguh Wibowo, M.Tr. Hanla menutup lima kejuruan program Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karier (Dikmata PK) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-40 Gelombang 1 TA 2020 yang dilaksanakan di lapangan apel Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar) Pusdikpel Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa, (26/1/2021)

Kelima kejuruan tersebut adalah Rudal, Meriam dan amonisi yang sebelumnya menempuh pendidikan di Sekolah Artileri (Seart) Pusdikpel sedangkan kejuruan lainya adalah Ranjau dan Torpedo yang sebelumnya menempuh pendidikan di Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar) Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal.

Penutupan pendidikan tersebut diikuti 140 orang siswa terdiri Siswa Seart 90 orang dan siswa Sesenbar 50 orang. Adapun siswa terbaik dari masing masing kejuruan adalah KLD Musrifin untuk kejuruan Rudal, KLD M. Syahrial kejuruan Meriam, KLD Sofyan Badar kejuruan Amunisi, KLD Erikowan Mandala kejuruan Ranjau dan KLD Ilham Fitrio.M kejuaran Torpedo.

Komandan Pusdikpel Kodikopsla Kolonel Laut (P) Teguh Wibowo, M.Tr. Hanla dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan program Dikmata TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang 1 Ta 2020 dengan lancar tanpa mengalami kendala yang berarti. Menurutnya, keberhasilan tersebut berkat kesungguhan, motivasi, dan tekad serta semangat para peserta untuk mengikuti program pendidikan dengan sebaik-baiknya sebagai modal pengabdian dalam penugasan

Lebih lanjut disampaikan bahwa program pendidikan ini telah berhasil mewujudkan tujuan prodik Dikmata yaitu mendidik dan membekali para siswa dengan ilmu pengetahuan sesuai kejuruan yang dimiliki sehingga diharapkan mantan siswa Dikmata ini akan menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional dan mampu bekerja sesuai bidang tugas masing-masing.

Menurutnya yang tidak kalah penting adalah para prajurit harus menjadi tamtama yang berjiwa prajurit pejuang Sapta Marga memiliki kesamaptaan jasmani yang baik dan tingkat mental kejuangan yang tinggi.

728×90 Leaderbord

Pada bagian akhir amanatnya, Komandan Pusdikpel menekankan bahwa sebagai prajurit TNI AL yang baru, harus memiliki pola sikap, pola pikir, dan pola tindak sebagai prajurit matra laut serta memiliki wawasan jauh ke depan agar mampu mengatasi dan menyelesaikan setiap tugas yang dihadapi.