Dansatdik 1 Kodiklatal Tanjung Uban Buka Lattek Berganda Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL

oleh -156 views

 

Kodiklatal Tanjung Uban, 7 Juli 2021,Dalam rangka mengaplikasikan pelajaran teori yang didapat selama dikelas, Komandan Satuan Pendidikan (Danstdik) 1 Kodiklatal Tanjung Uban Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si, membuka Latihan Praktek (Lattek) Berganda Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut Angkatan XLI TA. 2021 di Lapangan Apel Didik Hari Prasetyo Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban, Kabupaten Bintan Kepulauan Riau, Rabu, (7/7/2021).

Lattek berganda yang meliputi Menembak Senapan laras panjang, Pistol, Serta Sea dan Jungle Survival serta lintas medan (Limed) tersebut melibatkan seluruh instruktur dan pelatih dilingkungan Satdik 1 Tanjung Uban. Sebelum pelaksanaan Lattek diawali dengan apel kelengkapan sekaligus inspeksi guna mengecek kesiapan pelaksanaan latihan baik keperluan dan kelengkapan perorangan maupun kelengkapan penyelenggara latihan.

Dansatdik 1 Tanjung Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si, menyampaikan bahwa tujuan dari Lattek Siswa Dikmaba dan Dikmata ini adalah untuk membekali dan melatih siswa agar memiliki kemampauan, ketahanan fisik, ketrampilan dan kecakapan menembak senjata ringan, latihan berganda, limed dan Sea and Jungle Survival.

Sedangkan sasaran lattek adalah Siswa mampu menembak senjata ringan laras panjang pada jarak 100 dan 200 meter, menembak pistol jarak 15 dan 25 meter serta memahami dan mengetahui prosedur mengatasi gangguan pada sentjata ringan laras panjang dan pistol. Selain itu dalam lattek berganda, limed, Sea and Jungle Survival para siswa agar memiliki daya tahan fisik, rasa percaya diri dan keberanian dalam melaksanakan tugas.

Dalam lattek berganda ini para siswa juga melaksanakan praktek menembak senjata Minimi, meluncur dari ketinggian, naik turun jaring meniti dan merayap tali, mempraktekkan Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP), Jurit tangkas dan jurit malam.

Sehubungan tingkat kerawanan latihan yang cukup tinggi Dansatdik 1 Tanjung Uban ini berpesan agar para instrukur, pelatih, pembimbing siswa dan para siswa agar melaksanakan prosedur dan tahapan latihan dengan benar sehingga kesematan personil dan material tetap terjaga.

Kegiatan pembukaan Lattek berganda oleh Dansatdik 1 Tanjung Uban ini merupakan salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam membangun sumberdaya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

No More Posts Available.

No more pages to load.