Dansatsel Koarmada Ii Pimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-60 Hiu Kencana

0 31

 

Koarmada II. Surabaya, 12 September 2019,Komandan Satuan Kapal Selam Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa, M.Pd. memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-60 Hiu Kencana Satuan Kapal Selam, bertempat di Monumen Komplek Candrasa Koarmada II. Kamis (12/09/2019).

Melalui amanatnya, yang dibacakan oleh Komandan Kapal Selam. Panglima Koarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mengoperasikan armada kapal selam untuk pertempuran dan pertahanan di laut.

Armada Kapal Selam TNI AL pernah mengalami masa kejayaannya pada tahun 1962, dimana ALRI (sebutan TNI AL saat itu) memiliki 12 kapal selam jenis Whiskey-Class buatan Uni Soviet, hingga dianggap sebagai angkatan laut terkuat di kawasan Asia Tenggara.

Lebih lanjut Pangkoarmada II menyampaikan perkembangan lingkungan strategis saat ini, menuntut Koarmada II untuk selalu dapat bertindak responsif terhadap segala bentuk ancaman.

“ Kehadiran 2 unit kapal selam baru yaitu KRI Nagapasa- 403 dan KRI Ardadedali-404 yang merupakan kapal selam berteknologi tinggi dan mutakhir, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan persenjataan Koarmada II sehingga memiliki daya tangkal yang tinggi dalam upaya pengamanan wilayah laut Indonesia “, tandas Pangkoarmada II.

Pangkoarmada II juga menambahkan dalam kurun waktu 60 tahun, Satuan Kapal Selam telah mampu membentuk dirinya menjadi kesatuan yang tangguh sebagai bagian dari kekuatan Armada Republik Indonesia.

“ Teruslah Berkarya dan Berbakti Demi Kejayaan NKRI “, pungkas Pangkoarmada II.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan ramah tamah yang ikut dihadiri oleh sesepuh kapal selam Laksda TNI (Pur) Frans Wuwung, yang didaulat bersama perwira termuda Satsel Lettu Laut (P) Nurrohman untuk menerima potongan tumpeng dari Komandan Satsel Koarmada II.

Dinas Penerangan Koarmada II

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ