Dedi Priadi mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah mendorong penggunaan kendaraan listrik di lingkungan kampus, mulai dari bus hingga mobil listrik

Dedi Priadi mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah mendorong penggunaan kendaraan listrik di lingkungan kampus, mulai dari bus hingga mobil listrik

Otomatif273 Dilihat

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Universitas Indonesia (UI), Dedi Priadi mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah mendorong penggunaan kendaraan listrik di lingkungan kampus, mulai dari bus hingga mobil listrik.

“Jadi, memang nanti ke depan kita harapkan mobil yang berbahan bakar minyak harus dikurangi. Kita mau mulai dengan misalnya pimpinan UI pakai mobil listrik,” ucap Dedi di Depok, Jawa Barat, dikutip Antara, Senin (26/6/2023).

Sebagai langkah untuk mengurangi penggunaan sepeda motor berbahan bakar konvensional, Dedi menyampaikan, UI juga telah menerapkan penggunaan sepeda listrik yang disiapkan di sejumlah titik. Upaya ini menurutnya perlu dilakukan untuk menjadikan UI sebagai kampus hijau dan ramah lingkungan.

Menurut dia, penggunaan kendaraan listrik di lingkungan kampus memiliki sejumlah manfaat, antara lain mengurangi emisi gas rumah kaca, membuat kualitas udara menjadi lebih baik, menghemat energi, serta menciptakan kampus yang ramah lingkungan.

UI saat ini juga memiliki dua unit bus listrik, namun belum tersedia fasilitas pengisian daya untuk bus tersebut di dalam kampus.

Dedi berharap adanya kampanye penyadaran dan program edukasi kepada seluruh anggota kampus mengenai manfaat kendaraan listrik, konversi energi, dan keberlanjutan lingkungan. Kerja sama dengan pemerintah dan industri juga diharapkan dapat dilakukan untuk mengembangkan kebijakan yang mendukung penggunaan kendaraan listrik di kampus UI.

UI bersama PT Honda Prospect Motor (HPM) juga baru saja menjalin kerja sama dalam bidang edukasi dan riset teknologi elektrifikasi atau kendaran listrik. Dalam kerja sama ini, Honda meminjamkan dua unit mobil listrik Honda e, satu unit sepeda motor Honda PCX Electric, dan satu unit power product Honda LiB-AID E500 untuk mendukung mobilitas dan kegiatan pembelajaran di lingkungan UI.

Honda juga mendonasikan satu unit stasiun pengisian daya yang digunakan untuk mengisi daya baterai Honda e sebagai alat penelitian untuk mahasiswa Teknik Universitas Indonesia. Sebagai bagian dari transfer pengetahuan, Honda memberikan kelas dan lokakarya kepada mahasiswa UI selama tiga tahun di Honda Prospect Motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *