Demam menjadi bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus

0 24

Demam merupakan kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38° C. Demam menjadi bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit. Demam yang tinggi tidak selalu menandakan bahwa kamu mengalami suatu penyakit serius.

Demam bukanlah penyakit, melainkan sebuah gejala yang seringkali menyertai penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan, seperti flu atau pilek. Demam akan menghilang apabila penyakit yang mendasarinya sembuh. Disini kami akan berbagi tips cara menurunkan demam tinggi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Demam pada anak seringkali disebabkan oleh infeksi, suhu lingkungan, maupun efek imunisasi. Demam menjadi tanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi yang ingin menyerang tubuh anak. Tidak harus segera pergi ke dokter, masih ada penanganan yang bisa kamu lakukan di rumah. Berikut adalah cara menurunkan demam pada anak.

Kompres dengan air hangat

Mengompres menggunakan air hangat menjadi cara menurunkan demam pada anak. Cara ini sudah dilakukan turun-temurun. Gunakan kompres air hangat dan letakkan pada bagian, ketiak, lengan, atau paha.

Mandi air hangat

Mandi air hangat dianggap ampuh menjadi cara menurunkan demam pada anak. Air hangat yang mengenai kulit akan membantu mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh sedikit menurun.

Minum banyak air

Salah satu cara menurunkan demam pada anak yakni dengan minum air yang banyak, lakukan sedikit demi sedikit namun berulang kali. Cara ini bertujuan membuat tubuh tetap terhidrasi dan membantu panas tubuh keluar lebih cepat dari tubuh anak. Bisa juga dengan memakan sup atau es krim, namun hindarilah teh, kopi atau minuman bersoda yang membuat lebih sering buang air kecil.

Banyak makan

Selain minum banyak air, banyak makan menjadi salah satu cara menurunkan demam pada anak. Asupan nutrisi yang terpenuhi dari makanan yang dikonsumsi, akan membuat demam lebih cepat sembuh.

Cara Menurunkan Demam Tinggi

Suhu tubuh yang melebihi 38° C menjadi tanda utama terjadinya demam, bahkan demam tinggi bisa menyebabkan tubuh menggigil. Demam tinggi tidak selalu menandakan adanya penyakit serius, namun ada baiknya kamu tetap melakukan perawatan sebagai cara menurunkan demam tinggi. Yuk, simak caranya.

Minum teh herbal

Minum teh herbal seperti teh chamomile dan teh herbal lemon balm, dipercaya ampuh menjadi cara menurunkan demam tinggi baik pada anak maupun orang dewasa. Teh herbal akan memberi efek menenangkan dan memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat. Saat keringat keluar, maka suhu tubuh akan mulai menurun.

Membuat lingkungan menjadi nyaman

Salah satu cara menurunkan demam tinggi yakni dengan membuat lingkungan menjadi nyaman, bukalah jendela untuk melancarkan sirkulasi udara dan menjaga suhu ruangan tetap sejuk.

Bantu keluarkan panas tubuh anak

Salah satu cara menurunkan demam tinggi yakni dengan membantu mengeluarkan panas dari tubuh anak, yakni dengan mengenakan pakaian tipis pada anak. Jangan menyelimuti anak dengan selimut tebal, karena justru akan menghambat keluarnya panas tubuh anak.

Perbanyak istirahat

Perbanyak istirahat menjadi alternatif cara menurunkan demam tinggi. Jangan dulu banyak beraktivitas, bahkan keluar rumah. Gunakan waktu untuk beristirahat agar demam segera pulih.

 

Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa tanpa Obat

Demam biasanya disertai gejala sakit kepala, keringat dingin, menggigil, bahkan dehidrasi. Orang dewasa yang mengalami demam, cenderung mengonsumsi obat sebagai cara menurunkan demam. Namun, ada cara menurunkan demam tanpa obat yang bisa kamu coba. Yuk, simak tipsnya.

Ginseng

Mengonsumsi ginseng, terutama jenis ginseng Amerika bisa menjadi alternatif cara menurunkan demam pada orang dewasa. Selain itu bermanfaat juga membantu mengatasi gangguan tidur, anemia, bahkan penuaan dini.

Jahe

Jahe bisa kamu gunakan sebagai cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat. Jahe memiliki kandungan antibakteri, sehingga tidak hanya mengatasi demam namun bisa juga untuk mengatasi batuk.

Sambiloto

Sambiloto menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menurunkan demam pada orang dewasa. Sambiloto bahkan bermanfaat mengatasi pilek, sakit tenggorokan, batuk, diare, bahkan sinusitis.

 

Cara Menurunkan Demam dengan Cepat secara Alami

Bahan alami bisa kamu gunakan sebagai pertolongan pertama cara menurunkan demam dengan cepat. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan.

Air kelapa muda

Salah satu cara menurunkan demam dengan cepat yakni menggunakan air kelapa muda. Air kelapa muda mengandung kalium. Saat tubuh mengalami demam, banyak keringat yang keluar untuk menurunkan suhu tubuh. Untuk itu, konsumsilah air kelapa muda untuk menggantikan keringat yang keluar.

Bawang merah

Bawang merah bisa dijadikan sebagai salah satu cara menurunkan demam dengan cepat, karena mengandung atsiri, sikloaliin, metialiin, dan floroglusin yang bisa membantu menurunkan panas. Caranya yakni kupas 5 buah bawang merah, parut kasar dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Kemudian balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh.

Daun kembang sepatu

Daun kembang sepatu mengandung flavonioda, saponin dan polifenol yang dapat menurunkan panas, sehingga bisa kamu jadikan alternatif cara menurunkan demam dengan cepat. Cara yang perlu kamu lakukan yakni dengan mencuci daunnya hingga bersih, lalu keringkan dengan lap.

Kemudian panaskan sebentar di atas api agar daunnya melemas, lalu remas-remas dan olesi dengan minyak kelapa. Setelah itu kompreskan pada perut dan kepala.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ