Demam Tinggi, Dua Balita Pengungsi Pencari Suaka Dibawa ke RSUD Kalideres

0 67

dnewsmedcenter – Dua balita yang merupakan anak dari pengungsi pencari suaka dibawa ke RSUD Kalideres. Mehran Fahimi dan Milad Rahimi, balita berusia dua tahun yang berasal dari Afghanistan dirujuk ke RSUD Kalideres. Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa salah satunya yang bernama Mehran Fahimi terkena infeksi di paru-paru dan mengalami demam kurang dari tiga hari.

“Jadi tadi malam itu, sekitar jam 8, ada laporan ke Pos bahwa ada dua balita yang mengalami panas tinggi. Kemudian kami membawanya ke RSUD Kalideres menggunakan grab pukul 20.16. Alhamdulillah sesampainya di Rumah Sakit sudah ditangani oleh pihak Rumah Sakit dengan cepat,” terang Rory, petugas yang mengantarkan kedua balita tersebut, Kamis (18/7).

Mehran Fahimi diharuskan dirawat inap dikarenakan dibutuhkan tindakan medis lebih lanjut. “Kami dibantu CWS (Church World Service) untuk mengcover pembiayaannya, karena kalau menggunakan BPJS Kesehatan tidak bisa. BPJS tidak mengcover pembiayaan kesehatan pengungsi asing untuk rawat inap,” tambah Rory.

Sementara Milad Rahimi, diterangkan Rory sudah kembali ke lokasi pengungsian pukul 23.45 WIB, Rabu (17/7) malam. “Menurut Dokter yang menangani, jika demamnya tidak turun maka diharuskan untuk cek laboratorium,” terangnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidan Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos DKI Jakarta, Tarmijo Damanik mengungkapkan, pihaknya bersama Dinas terkait lainnya, siaga 24 jam di lokasi pengungsian. “Kan di lokasi pengungsian sudah ada satu ambulance, kalau misalkan kurang, kami siap menyediakan ambulance lagi,” terang Damanik.

“Kami juga memprioritaskan balita, ibu hamil dan lansia, kalau ada dari mereka yang kekurangan gizi kita berikan makanan tambahan, begitu juga kalau ada yang sakit, harus segera ditangani,” tambahnya. (mar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ