Demi mengurangi penyebaran Covid-19, pemerintah Tiongkok melarang rakyatnya untuk mudik ke kampung halaman masing-masing pada libur Imlek tahun ini

oleh -1.550 views

Demi mengurangi penyebaran Covid-19, pemerintah Tiongkok melarang rakyatnya untuk mudik ke kampung halaman masing-masing pada libur Imlek tahun ini. Dampaknya, jutaan rakyat Tiongkok terpaksa diam di tempat tinggal masing-masing. Untuk menghabiskan masa libur Imlek yang berlangsung selama sepekan, banyak yang memilih dengan menonton film di bioskop.

Tak heran, bioskop-bioskop di Tiongkok mampu meraup keuntungan besar. Diperkirakan, keuntungan mampu menyentuh angka 6,96 miliar yuan atau sekitar US$ 1,08 miliar selama enam hari hingga hari ini, Rabu (17/2/2021). Angka keuntungan itu jauh berada di atas rekor yang tercapai pada 2019 lalu. Saat itu, keuntungan bioskop selama Tahun Baru Imlek mencapai 5,9 miliar yuan.

Data didapatkan dari platform penjualan tiket Maoyan Entertainment. Dari data tersebut, terlihat bahwa film-film produksi lokal tampak mendominasi layar bioskop.

Pada peringkat pertama box office Tiongkok terdapat film “Chinatown Detective 3”. Film komedi laga dengan setting Tokyo, Jepang ini berhasil meraup penjualan tiket sebesar 3,4 miliar yuan. Di peringkat kedua terdapat film “Hi Mom”, yang berkisah mengenai komedi tentang hubungan keluarga. Film ini berhasil meraup penjualan tiket sebesar 2,4 miliar yuan.

Para investor pun turut bergembira, seperti IMAX China Holding Inc dan Alibaba Pictures Group Ltd. Apalagi, tahun lalu industri film mengalami krisis yang merugikan mereka akibat Covid-19.

Namun sayangnya, tak semua warga Tiongkok bisa menikmati film di bioskop. Sebab, tiket bioskop sulit didapatkan dan harganya jauh lebih mahal ketimbang kondisi normal. Apalagi, bioskop di Tiongkok menerapkan kebijakan 50% penonton untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

Tiket bioskop dijual dengan harga rata-rata 50 yuan. Namun banyak juga yang menjualnya dengan harga 70 yuan, bahkan hingga 150 yuan.

“Tiket film ‘Chinatown Detective’ dijual seharga 143 yuan. Ngerampok banget kan?” tutur seorang penggemar film di Weibo.

Data Kementerian Perhubungan Tiongkok menunjukkan bahwa perjalanan di seluruh negeri Tirai Bambu itu turun sebanyak 70% selama dua pekan sebelum Tahun Baru Imlek, dibandingkan dengan data dua tahun lalu.

No More Posts Available.

No more pages to load.