Diduga Akibat Galian Siring Pasar Talang Padang, Tembok Masjid Jami’ Attawabien Sukarame Amblas

oleh -55 Dilihat

Tanggamus – Pasca adanya galian siring atau drainase dilokasi pembangunan pasar Talang Padang yang mana galian tersebut sampai saat ini belum juga diselesaikan atau nampak seperti terbengkalai, mengakibatkan retak atau amblasnya tembok pagar Masjid Jami’ Attawabien Pekon Sukarame Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Jum’at (01/4/2022).

Selain itu dimungkinkan juga kejadian tersebut akibat adanya guyuran hujan beberapa waktu lalu. Andi Salim selaku pengurus Masjid saat ditemui dilokasi mengatakan kejadian amblasnya tembok masjid sebelah utara kemungkinan besar akibat pengerukan siring atau drainase pasar Talang Padang yang tak kunjung segera diselesaikan. Hingga berakibat amblasnya tembok masjid tersebut meninggalkan patahan besar sekitar kurang lebih 20 meter mamajang dari barat keutara disekitaran tembok, dan akibat amblasnya tembok masjid tersebut diperkirakan mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Menurutnya, “diduga amblasnya pagar Masjid ini akibat dari pengerukan siring atau drainase yang kebetulan lokasinya berada tepat di seputaran tembok pagar Masjid. Akibat pengerukan galian tersebut nampaknya tanah itu turun dan imbasnya ke tembok pagar Masjid ini, memang dari awal sudah saya perkirakan ketika ada penggalian untuk drainase ini yang kemudian tidak ditindaklanjuti oleh pihak terkait, imbasnya seperti ini disaat menjelang puasa terjadilah seperti ini,” keluhnya.

Andi Salim meneruskan. “Selaku warga masyarakat Pekon Sukarame dan selaku pengurus Masjid disini saya berharap kiranya pembangunannya segera bangun supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan lagi, juga agar tidak ada pandangan negatif dari masyarakat pada proses pembangunan Pasar ini,”ujarnya.

Kembali pengurus Masjid ini menuturkan. “Melihat kerusakan pada bagian tembok pagar Masjid tersebut nampaknya harus di bongkar kemudian untuk dana itu nanti akan dicari, namun intinya amblasnya tembok pagar Masjid ini akibat dari pembangunan drainase yang tak diselesaikan, ini imbas dari pengerukan yang terbengkalai atau belum selesai jadi setelah pengerukan ini tidak ada untuk perbaikan lagi jadi pihak pihak yang terkait itu belum ada tindak lanjut lagi atas pengerukan ini jadi terbengkalai seperti ini. Kemudian imbasnya juga pada menara ini ketika tidak diperbaiki bisa- bisa menara ini akan rubuh juga karena itu sudah longsor, bila ada hujan terus menerus otomatis menara ini akan rubuh,”ujar Andi Salim.

Tentunya sebelum terjadi kejadian yang fatal yang dapat mengakibatkan kerugian ataupun musibah kiranya pihak terkait baik pemerintah Kabupaten Tanggamus ataupun pihak pengelola pembangunan Pasar Talang Padang dapat menindaklanjuti dan memberikan solusi nyata yang terbaik. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.