Dikunjungi oleh team Study Kelayakan dari Biro Rena Polda Riau, AKP Nursyafniati : Kami Berharap Kenaikan Type Polsek Payung Sekaki dari Rural Menjadi Urban

Riau473 Dilihat

 

 

Dnewsradio.com – Pekanbaru, – Team study Kelayakan dari Biro Rena Polda Riau melaksanakan kegiatan kunjungan ke Mapolsek Payung Sekaki Polresta Pekanbaru dalam rangka peningkatan Tipe Polsek Payung Sekaki dari Rural menjadi Tipe Urban serta pembentukan Unit Lantas Polsek Payung Sekaki kota Pekanbaru, Jum’at 12/05/2023.

 

Kegiatan yang dipusatkan di Mapolsek Payung Sekaki Jalan Payung Sekaki Kel.Labuhbaru Barat Kec.Payung Sekaki tersebut dihadiri oleh Karorena Polda Riau di Wakili Kabag Strajemen Rorena Polda Riau AKBP Osva, S.I.K., M.Si, Kasubbag Strabang Rorena Polda Riau

Kompol Yuma Irpa, S.E, Anggota Rorena Polda Riau Bripka Joki A Dalimunthe, S.H. dan Bripda Bagas Henaldy Pratama.

 

Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kabag SDM Kompol Wahariyana, Kabag Ren Polresta Pekanbaru Kompol Juniasti, Kabag Log Polresta Pekanbaru Akp Yupenrizal, Kapolsek Payung Sekaki Akp Nursyafniati, Camat Payung Sekaki Yurikha Herian danni S.STP,.M.Si, Danramil 03 Senapelan di Wakili

Pelda Dafrizal, Kasi Pemerintah Kec. Payung Sekaki Mardan Isnaini Kasim S.P,

Kasi Trantib Kec. Payung Sekaki Zimmarman S.H, Kasih PMK Kec. Payung Sekaki Dodi, Para Kanit Polsek Payung Sekaki, Bhabinkamtibmas Polsek Payung Sekaki dan Babinsa Kec. Payung Sekaki serta Perwakilan Tokoh Masyarakat ± 6 Orang.

 

Pantauan, sekira pukul 10.00 Wib, Tim Uji Kelayakan di Pimpin Kabag Strajemen Rorena Polda Riau AKBP Osva, S.I.K., M.Si beserta rombongan tiba di Polsek Payung Sekaki, dan selanjutnya rombongan Rorena Polda Riau dan Polresta Pekanbaru memasuki Aula Polsek Payung Sekaki.

 

Kapolsek Payung Sekaki AKP Nursyafniati dalam sambutannya memaparkan,bahwasanya luas wilayah Payung Sekaki ± 36,33 Km yang terdiri dari 6 (Enan) Kelurahan dengan jumlah penduduk 107.068 jiwa, dengan jumlah Personil Polsek Payung Sekaki yang ada sebanyak 45 orang dengan perbandingan 1: 2350.

 

Adanya peningkatan jumlah penduduk tentunya akan meningkat problematika yang ada seperti kemacetan dan meningkatnya tindak kriminal, apalagi diwilayah Payung Sekaki juga terdapat banyak perkantoran, sekolah, universitas, rumah ibadah, pusat perbelanjaan dan objek Vital ”

 

Sementara itu, untuk Polsek Payung Sekaki sendiri belum mempunyai unit lantas untuk mengurai kemacetan dan penanganan laka lantas di wilayah hukum Polsek Payung Sekaki, kami juga telah membuat telaah Staf untuk perbantuan Unit lantas.

 

Dengan cukup luasnya wilayah Payung Sekaki terdapat juga lahan tidur yang ber potensi karhutla, dan kami dengan menggandeng masyarakat peduli Api untuk membuat Lumbung Air dalam penanganan Karhutla dengan peralatan kebakaran yang di miliki polsek, dengan adanya Tim Studi Kelayakan kami berharap kenaikan Type Polsek menjadi Urban dan pembentukan Unit Lantas Polsek dapat terlaksana”, tutup Kapolsek Payung Sekaki AKP Nursyafniati mengakhiri kata sambutannya.

 

Sementara itu Camat Payung Sekaki

Yurikha Herian Danni S.STP,.M.Si dalam sambutannya menyampaikan, Kami dari Camat payung sekaki beserta tokoh masyarakat yang hadir menyambut baik dan mendukung dengan adanya peningkatan Polsek dari tipe Rural ke Tipe Urban.

 

Tentunya ini dengan adanya peningkatan tipe ini akan bertambah Personil Polsek yang mana sekarang personil kepolisian Polsek Payung Sekaki berbanding 1:2500 orang, tentunya kami juga mengajak masyarakat untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Payung sekaki. Dengan adanya Tim dari Polda dan Polresta, Kami harapkan dapat menindaklanjuti usulan kami untuk peningkatan tipe Polsek Payung Sekaki sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat lebih maksimal lagi “, Camat Payung Sekaki mengakhiri sambutannya.

 

Sementara Kabag Ren Polresta Pekanbaru Kompol Juniasti menyampaikan, Status Wilayah Polsek Payung Sekaki sudah Layak untuk di tingkat dari Rural Ke Urban karena dilihat luas wilayahnya harus ada kehadiran polisi.

 

Polisi merupakan Patner, sahabat masyarakat maka dari itu apapun keluhan dari masyarakat Polisi hadir. Jumlah penduduk Payung Sekaki mengalami peningkatan, dan semakin padat, adanya perkantoran dan sekolahan yang cukup banyak dengan adanya peningkatan tipe Polsek tentu akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

Usulan peningkatan tipe ini telah lama di ajukan 2 tahun Belakangan, semua nya tentu butuh dukungan dari semua pihak apakah ini layak ditingkatkan menjadi urban.Dengan adanya studi kelayakan ini apapun yang kita hadapan kepada tim Rorena di wakili ibuk Osva selaku tim kelayakan bisa disampaikan dan di Acc nantinya bahwa di Polsek Payung Sekaki membutuhkan kehadiran Polisi yang lebih banyak”, tutup Kompol Juniasti.

 

Sementara itu paparan dari Rorena Polda Riau Oleh Kabag Strajemen Rorena Polda Riau AKBP Osva, S.I.K., M.Si.menyampaikan, Kami disini sesuai dengan perintah Polda Riau melakukan studi kelayakan peningkatan Polsek Payung Sekaki dari tipe Rural Ke Urban dan Pembentukan Unit Lantas Polsek Payung Sekali berdasarkan surat masuk dari Kapolresta Pekanbaru.

 

Berdasarkan perintah Kapolda Riau tugas kami disini melakukan penilaian apakah Polsek Payung Sekaki sudah layak atau belum Layak untuk naik Tipe Menjadi Urban.

 

Tentunya nanti dengan naiknya tipe Polsek pelayanan kepada masyarakat harus Meningkat dan lebih baik lagi, peningkatan Type Polsek Harus memenuhi kriteria berdasarkan indikator seperti luas wilayah, jumlah penduduk, dan tingkat kriminalitas yang Terjadi.

 

Syarat peningkatan Type harus memenuhi kriteria adanya usulan untuk peningkatan type, adanya dukungan dari pemerintah setempat dan masyarakat. Apabila semua persyaratan admitrasi telah di lengkapi hasil Studi akan di laporkan kepada Kapolri, dan dilanjutkan ke Menpan RB tentunya akan memerlukan waktu yang cukup lama.

 

Untuk Peningkatan Type berjalan sangat lambat karena melalui mekanisme yang ada, sedangkan untuk pembentukan Unit lantas Bisa secepatnya karna hanya melalui internal Polri dan disetujui Kapolri “, Kabag Strajemen Rorena Polda Riau menutup sambutannya. ( JHarianja)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *