Dimasa Pandemi Covid-19, PKKS SMK KAL-1 Ciptakan Generasi Solutif Bukan Polutif

oleh -183 views

 

Surabaya,(18/10 ), Dalam rangka meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut / SMK KAL-1 , Senin, (18/01/21) Tim Visitasi dari Ketua Pelaksana Penilaan Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Wilayah Sidoarjo-Surabaya Drs Abdul Hamid, M.T di damping Pengawas SMK Drs Boedi Prasodjo berkunjung ke SMK KAL-1 diterima oleh Kepala Sekolah Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si di Ruang Praktek Siswa (RPS).

Sambutan pertama di sampaikan oleh Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si yang menyampaikan tentang visi dan misi sekolah dan di tutup dengan pemutaran video kinerja selama 14 bulan memimpin sekolah ini.

Dalam sambutannya Kepsek menyampaikan bahwa , tujuan diadakannya PKKS juga untuk mempersiapkan diri menghadapi akreditasi sekolah yang akan jatuh pada tahun 2021 ini juga. Menurutnya penilaian PKKS akan meliputi Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah, Tugas Tambahan, Manajerial, Kewirausahaan, dan Supervisi. Disamping itu seorang kepala sekolah dituntut harus memiliki tugas tambahan membuat karya inovasif. Dalam hal ini Kepala Sekolah SMK KAL-1 menunjukkan 3 karya inovatifnya kepada Tim PKKS antara lain : Tas Cerdas Haji ( Smart Bag Haj) , Dongkrak Electric dan miniatur Kapal Kumbokarno ( Kapal Penanggulangan Bencana). Ketiga karya inovatif diatas merupakan penjabaran dari butir ke 152 tentang penilaian seorang Kepala Sekolah

Ketua Tim PKKS menyampaikan bahwa yang dimaksudkan Penilaian Kenerja Kepala Sekolah (PKKS) bukanlah Kinerja Kepala Sekolah sendirian , hakekatnya adalah kinerja sekolah secara keseluruhan, hanya yang sangat berperan disini adalah manajemen seorang kepala sekolah . Sebagai contoh menurutnya bahwa butir PKKS ini adalah 156, namun butir dokumen yang akan di cocokkan hanya 145. Untuk butir ke-146 hingga 156 adalah untuk Penilaian Kepala Sekolah SMK Negeri . karena ada hubungannya dengan kenaikan pangkat. Oleh karena itu nanti akan di cocokkan antara tuntutan butir instrumen dengan dokumen yang ada.

Drs Abdul Hamid, M.T selaku Ketua Tim PKKS secara terpisah melakukan penilaian dibidang Kurikulum dan Opsdik dan Keiswaan dan Humas, dalam kesempatan tersebut kondisinya dijelaskan oleh Waka Kurikulum dan Opsdik Ari Sutriyono, S.Pd., M.M dan Waka Kesiswaan dan Humas Munawar, S.Pd. Sedangkan untuk pemeriksaan bidang sarana dan prasarana dari Pengawas Cabdin Drs. Boedi Prasojo dijelaskan oleh Waka Sarpras dan IT Karno Setyo Budi, S.Pd ., M.M., M.Pd

Meskipun pelaksanaan pemeriksaan oleh tim PKKS masih dalam masa pandemi covid-19, semuanya dilakukan dengan mengacu kepada protokol kesehatan yang ketat, (melaksanakan cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) dan dipasang difuser probiotik untuk menseterilkan ruangan.

728×90 Leaderbord

Diakhir penilaian, Kepsek Pamen berpangkat melati dua di pundaknya ini dan masih aktif sebagai prajurit TNI AL di Kotama Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut ( Kodiklatal ) dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya kekurangan yang di sampaikan tim Penilai, sesuai dengan visi sekolah : “ Terwujudnya generasi berakhlak mulia yang memiliki kopetensi unggul terhadap kemajuan teknologi pada zamannya ” dan misi sekolah : “Meningkatkan manajemen sekolah berbasis mutu, Meningkatkan pencapaian quality assurance siswa sesuai keahliannya, Meningkatkan profesinalisme dan kesejahteraan tenaga pendidik/ tenaga kependidikan, membangun komunikasi kerja sama dan silaturahmi antara wali murid, instansi terkait dan lingkungan sekolah secara berkesinambungan dan tersedianya dana mandiri untuk operasional sekolah. Maka untuk menindak lanjuti temuan beberapa kekurangan tersebut, ke depan SMK KAL-1 akan berusaha menjadikan sekolah yang.bisa menghasilkan generasi Solutif yang akan memberikan solusi terhadap permasalah yang di hadapi, bukan Polutif yang selalu membuat masalah, sehingga sekolah ini kedepan akan menjadi dambaan masyarakat dan negara yang diidam-idamkan oleh segenap keluarga besar SMK KAL-1.(Yht/dar)