Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek akan menggelar Indonesia Music Expo (Imex) 2023 di Museum Puri Lukisan Ubud Bali pada 21-24 September 2023

Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek akan menggelar Indonesia Music Expo (Imex) 2023 di Museum Puri Lukisan Ubud Bali pada 21-24 September 2023

Diva News241 Dilihat

Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek akan menggelar Indonesia Music Expo (Imex) 2023 di Museum Puri Lukisan Ubud Bali pada 21-24 September 2023. Sebanyak 12 grup musik  bergengsi dunia dari seluruh Nusantara yang berasal dari Sumatera, Jakarta, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua akan tampil.

Direktur Artistik Imex 2023 dan founder Lokaswara, Franki Raden mengatakan perhelatan ini memberikan kesempatan musisi Indonesia bisa terjun ke industri musik internasional.

“Ajang Imex 2023 ini bertujuan untuk memperkenalkan serta menjajakan produk world music Nusantara ke pasar dunia. Untuk itu kami mengundang para pelaku atau pembeli produk world music dari seluruh benua datang dan menyaksikan penampilan grup musik pilihan. Kami berharap nantinya musisi Indonesia akan diundang tampil di panggung dunia,” ujar Franki saat berbincang dengan media, Senin (18/9/2023).

Mereka yang diundang adalah promotor musik, produser, pemilik label, direktur festival, direktur pusat kesenian, media TV dan radio, anggota organisasi, dan asosiasi musik.

Sementara itu, utusan dari Worldwide Music Expo (Womex), Christine Semba menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan Imex pada tahun 2023.

“Dengan adanya kerja sama ini, Imex melakukan terobosan besar dan menjadi satu-satunya lembaga musik di Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari pasar musik dunia yang berpusat di Eropa dan Amerika,” tandasnya.

Di antara 12 musisi yang diundang adalah Eta Margondang, musisi asal Sumatera Utara yang memainkan musik Batak. Lalu, ada Sako Sakirat asal Lampung dan ada penyanyi Ras Muhamad feat Indonesia National Orchestra (INO) dari Jakarta. Ada pula grup musik Sora dari Bandung.

Dari Bali ada tiga grup yang tampil, yakni grup Gamelan Selonding, Rindik Pingitan dan Orasare yang akan mewakili musisi asal Bali. Selanjutnya ada Musisi asal NTB bernama Chandra Irawan dan Marinus Kevin asal NTT.

Dari Kalimantan ada musisi Uyau Moris. Sementara dari Sulawesi akan ada Pepe Pepe Baine dan terakhir ada vokal grup Ensembel dari Papua yang akan menjadi peserta dalam Imex 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *