Direktur Operasi Basarnas, Rasman MS menyebutkan pihaknya akan tetap beroperasi 24 jam

oleh -151 views

Direktur Operasi Basarnas, Rasman MS menyebutkan pihaknya akan tetap beroperasi 24 jam meski tim penyelam pada umumnya sudah kehilangan visibilitas jika menyelam di atas pukul 17.00 WIB.

“Kegiatan hari ini bukan berati selesai jam 5 sore ini, kita tetap beroperasi 24 jam. Sejumlah alutsista kita masih di lokasi perairan. Hanya yang kita batasi penyelaman, karena tidak efektif menyelam malam hari,” ujar Rasman, Minggu (10/1/2021) sore di dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Ia menyebutkan kapal-kapal baik dari Basarnas, TNI, maupun stakeholder lainnya yang memiliki alat sensor sonar tetap dapat berkegiatan dan melakukan pencarian obyek jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

“Harapan kita H+3 besok Senin, kita harapkan bisa mendapatkan hasil maksimal.Kita masih banyak kekurangan. Kami Basarnas sebagai koordinator operasi ini. Kita harap operasi ini tidak terlalu lama dengan memaksimalkan potensi yang ada,” tambah Rasman.

Lebih lanjut perihal keberadaan black box pihaknya berharap yang terbaik agar obyek tersebut bisa ditemukan secepatnya. “Black box titik lokasi ada di tangan petugas lapangan. Kami menjembatani tim di lapangan. Mudah-mudahan malam ini sudah ketemu Black Box nya Tapi kondisi di malam memang agak sulit bagi tim kita untuk melakukan penyelaman,” tambah Rasman.

Ia juga mengungkapkan pihaknya sudah membagi tugas melakukan identifikasi DVI dan KNKT. Operasi tetap berjalan 24 jam karena sebagian besar tim kami masih disana, mungkin masih banyak obyek-obyek sisa pesawat Sriwijaya Air.

“Besok kita lakukan operasi pencarian dan pertolongan sesuai seperti hari ini. Rencana operasi dalam 4 sektor, ada Sektor A, Sektor B, Sektor C, dan Sektor D. Per sektor memiliki jangkauan 2 nautical mile agar efektif. Kapal-kapal kita yang melakukan pencarian sudah menemukan, tinggal fokus untuk bisa menemukan kotak hitam. Kita tetap berupaya mengambil obyek apapun yang dicari dan ditemukan,” lanjut Rasman.

728×90 Leaderbord

Perihal jumlah personel gabungan yang melakukan kegiatan hari ini, Rasman mengungkapkan ada alut laut 50 kapal, 100 buah perahu karet atau sea rider, 12 pesawat/helikopter, 8 ambulance dan kurang lebih 2.123 personel meliputi awak kapal, awak pesawat, rescuer, penyelam, dan berbagai macam lainnya dari berbagai stakeholder terkait.