DIRJIANBANGDIK SESKOAL BERIKAN SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI EDOPS KEPADA PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-59 TA 2021

oleh -1.118 views

 

Seskoal,07 Maret 2021, — Direktur Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (Dirjianbangdik) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E.,M.Tr.Opsla,. memberikan Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Evaluasi Dosen Oleh Perwira Siswa (EDOPS) kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-59 TA.2021, Sabtu (06/03).

Sosialisasi yang dilaksanakan lewat sarana video conference atau vicon ini, bertempat di Ruang Tunggu Dosen Gedung R.E.Martadinata Seskoal dan diikuti oleh Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 yang berada di Kelas A dan B Gedung R.E.Martadinata Seskoal.

Kinerja Dosen merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya Lembaga Pendidikan untuk mencapai tujuanya. Di dalam dunia yang kompetitif dan global, setiap perguruan tinggi, sudah tentu memerlukan kinerja para dosennya. Sementara dosen sebagai garda terdepan kemajuan suatu perguruan tinggi memerlukan umpan balik dari lembaga atas hasil kerja mereka sebagai panduan bagi perilaku mereka di masa yang akan datang. Umpan balik terhadap kinerja dosen di Seskoal dapat dilakukan melalui Aplikasi EDOPS yang penilaiannya oleh para pasis.

EDOPS ini merupakan aplikasi untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran terhadap Pasis di Seskoal. Aplikasi ini dirancang pertama kali di Seskoal pada tahun 2018 dan mulai dipergunakan pada tahun 2019 yang saat itu Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA 2019.

Keunggulan aplikasi ini adalah memberikan detail keunggulan dan kelemahan individual nilai dosen. Aplikasi ini sangat membantu karena memberikan waktu yang efisien bagi badan penjamin mutu internal dan tidak memerlukan banyak tenaga lagi dalam merekap data kuesioner dari 175 Pasis, dengan masing-masing Pasis diberikan 20 pertanyaan detail tentang kinerja dosen dalam mengajar.

Kelebihan lain dari EDOPS adalah Data hasil penilaian dosen tidak lagi disimpan dalam bentuk lembaran kertas kuesioner yang diberikan kepada pasis, melainkan disimpan dalam sebuah database untuk menghindari hilang atau rusaknya data, dan hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran lembaga.

728×90 Leaderbord

Dalam kesempatan ini, Dirjianbangdik Seskoal Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E., M.Tr.Opsla., mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan ini adalah sebagai salah satu metode penilaian kinerja dosen Seskoal dalam melaksanakan tugas pokoknya yaitu pendidikan dan pengajaran dan juga sebagai bagian dari umpan balik bagi dosen pada Program Studi (Prodi) Magister Terapan Operasi Laut.

Dengan mengisi EDOPS ini, berarti Pasis Dikreg Seskoal telah berpartisipasi aktif dalam membantu meningkatkan mutu pembelajaran. Dimana EDOPS ini bermanfaat bagi dosen Seskoal untuk memperbaiki diri bila memang masih terdapat kekurangan serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimilikinya.

Bagi Seskoal yang memiliki Program Studi (Prodi) Magister Terapan Operasi Laut, hasil EDOPS sangat penting karena selain dapat mempertahankan dan meningkatkan Akreditasi “A” dari BAN PT, juga dapat dijadikan acuan dalam menyusun Program Peningkatan Mutu (P2M) proses pembelajaran dan kinerja dosen. Dan yang terpenting bagi Pasis Dikreg Seskoal, dapat merasakan peningkatan mutu proses pembelajaran yang terus menerus.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Wadan Korsis Seskoal Letkol Laut (P) M.B.Pandjaitan, S.E.,M.Tr.Opsla dan Kasubdit Evabangdik/Kasubdit Penjaminan Mutu Ditjianbangdik Seskoal Pembina IV/a Drs. Susmono.