DISELA TUGAS OPERASI, KRI TELUK MANADO 537 GELAR BAKSOS BAGI MASYARAKAT NATUNA

oleh -193 views

Jakarta, 29 November 2020, Satya Wira Jala Dharma. KRI Teluk Manado 537 mendukung Satgas Operasi Pengamanan Pulau Terluar Wilayah Barat 2020 Yonif 8 Marinir dan Yonif 4 Marinir di pulau Sekatung, Kepulauan Natuna. Saat sandar untuk proses debarkasi embarkasi pasukan tersebut, KRI Teluk Manado 537 bekerjasama dengan Pangkalan Angkatan Laut Ranai menggelar kegiatan bakti sosial khitanan massal bagi anak – anak di Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau 3, Kabupaten Natuna, Minggu (29/11).

Kapal perang yang berada dibawah kendali Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) I Jakarta Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memfasilitasi kegiatan sunatan massal gratis itu di Geladak utama kapal perang jenis Frosch ini.
Komandan KRI Teluk Manado 537 Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo, S.E., M. Tr. Opsla. mengatakan kegiatan sosial yang dilaksanakan di kapal perangnya sebagai bagian dari bentuk pemanfaatan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh pengawak kapal kepada seluruh masyarakat Ranai. Kegiatan yang cukup diminati oleh warga Desa Sabang Mawang, tercatat ada sekitar 15 orang anak yang mendaftarkan diri untuk mengikuti khitanan massal tersebut. Namun dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga medis, khitanan yang mulai usai salat dzuhur ini hanya dapat melayani 7 orang anak – anak. Proses khitanan dilakukan dengan menggunakan sistem laser, sehingga lebih mudah dalam perawatan, dengan estimasi masa pemulihan 3 hari.

“Karena kita keterbatasan tenaga medis dan juga peralatan maka kita hanya terima 7 orang anak saja untuk dikhitan,” ujar Komandan KRI Teluk Manado- 537, Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo, S.E., M. Tr. Opsla.

Komandan juga menambahkan, baksos khitanan massal itu juga dilaksanakan sejalan dengan aktivitas KRI yang sedang mengisi perbekalan air bersih dari Posal Sabang Mawang.

Usai kegiatan, Kepala desa Sabang Mawang dan masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini mereka berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali.

Selanjutnya usai mengisi perbekalan air bersih, KRI Teluk Manado 537 dijadwalkan bertolak untuk melanjutkan operasi perbatasan pulau terluar, sebelum kembali ke Pangkalan di Batam.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) berpesan kepada jajarannya untuk selalu berbuat yang terbaik dalam melaksanakan tugas operasi dukungan angkutan laut militer. Dan saat sandar dimanapun agar dapat berbuat sesuatu yang dapat memberi manfaat terhadap masyarakat setempat dimana unsur KRI sandar.

728×90 Leaderbord

“Unsur-unsur KRI Kolinnlamil yang melaksanakan tugas operasi agar selalu dapat memberi manfaat kepada masyarakat setempat saat sandar. Berikan yang terbaik untuk masyarakat” tandas Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han). Pesan panglima Kolinlamil ini sejalan dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL dengan kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. (Dispen Kolinlamil).