DISKUSI PANEL BIDANG KEPEMIMPINAN PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-60 TA 2022

oleh -41 Dilihat

 

Seskoal, 13 April 2022 – Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)., didampingi Wakil Komandan (Wadan) Seskoal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo membuka Diskusi Panel Kepemimpinan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-60 TA 2022 dengan tema “Peran Kepemimpinan Nasional Dan TNI Dalam Melaksanakan Pemulihan Ekonomi Nasional Dan Reformasi Struktural Menuju Indonesia Tangguh” bertempat di Amphiteater Samadikun Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Rabu (13/04).

Pada Diskusi Panel Bidang Kepemimpinan kali ini menghadirkan 2 (dua) Panelis secara tatap muka langsung yaitu Panelis I Letjen TNI (Purn) Dr. I Wayan Midhio, M.Phil dan Panelis II Bapak Made Arya Wijaya, dengan moderator Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 TA 2022 yaitu Mayor Laut (P) Sutrisno dan Mayor Laut (E) Wirawan H. Kegiatan Diskusi Panel ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang menyampaikan “Bangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul dan Profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Dalam amanatnya Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)., menyampaikan Diskusi Panel Bidang Kepemimpinan ini merupakan salah satu kegiatan dalam kalender pendidikan bagi Perwira Siswa Dikreg Seskoal dengan tujuan untuk membekali Perwira Siswa agar lebih menguasai materi pelajaran tentang kepemimpinan Nasional dan TNI serta Implementasinya menghadapi tantangan di era globalisasi saat ini. Berkaitan dengan hal tersebut maka tema Diskusi Panel yang akan dilaksanakan pada hari ini adalah “Peran Kepemimpinan Nasional Dan TNI Dalam Melaksanakan Pemulihan Ekonomi Nasional Dan Reformasi Struktural Menuju Indonesia Tangguh”. Dengan tema ini tentunya peran pemimpin nasional dan TNI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting salah satunya sebagai pemimpin yang membawa perubahan yaitu pemimpin nasional dan TNI yang memiliki visi dan misi jelas kemana bangsa ini akan dibawa.

Diharapkan oleh Danseskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)., Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 TA 2022 dapat menghadapi sebagai tuntutan perubahan kondisi bangsa pada saat ini khususnya berkaitan dengan masalah yang paling mendasar yaitu akibat dampak pandemic covid-19 yang belum berakhir dan giopolitik perang Rusia Ukraina peranan pemimpin nasional dan TNI sangatlah strategis dalam upaya menhadapi segala bentuk ancaman dengan segala macam kompleksitas yang ada seperti perannya pada pemulihan ekonomi nasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka terwujudnya Indonesia tangguh melalui serangkaian kebijakan dan tindakan nyata guna melaksanakan tahapan-tahapan pencapaian cita-cita dan tujuan nasional. Diskusi Panel Kepemimpinan ini mengacu pada seluruh materi pelajaran kepemimpinan yang telah diberikan kepada Pasis khususnya tentang kepemimpinan nasional dan TNI sekaligus merupakan wahana untuk menggali memunculkan dan menuangkan gagasan atau pemikiran konseptual kepemimpinan TNI sebagai upaya dalam menentukan langkah-langkah penting.

Dalam mengikuti Diskusi Panel ini Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han), menyampaikan beberapa hal yang perlu disampaikan kepada seluruh Pasis yang dapat digunakan sebagai pedoman dan petunjuk antara lain yang Pertama Kembangkan serta sampaikan pemikiran dan ide-ide inovatif. Kedua Laksanakan kegiatan Diskusi Panel ini dengan mengedepankan kebebasan akademis. Dan yang Ketiga Laksanakan Diskusi dengan serius setiap pendapat yang dikemukakan harus didukung dengan argument dan referensi realistis, aplikatif dan dapat dipertanggung jawabkan. Selanjutnya ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kesediaannya meluangkan waktu dalam kegiatan diskusi panel ini kepada Panelis I Letjen TNI (Purn) Dr. I Wayan Midhio, M.Phil dan Panelis II Bapak Made Arya Wijaya, semoga ilmu dan sumbangan pemikiran yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 TA 2022 dalam penugasan nantinya.

Turut hadir dalam Diskusi tersebut antara lain Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo, Kapusjianmar Laksamana Pertama TNI Didong Rio DPK, S.T., M.A.P., M.Tr. (Han), Koordos Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A Para Pejabat Utama Seskoal, Para Patun dan Dosen Seskoal dan Kadepjuang Seskoal Kolonel Marinir Firman Johan, M.Tr.Opsla selaku Penanggung jawab Diskusi Panel Kepemimpinan, Dosen dan Patun Seskoal dan 184 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 TA 2022. Tidak lupa dengan tetap menjalankan dan memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan mematuhi 5m yaitu Mencuci Tangan dengan sabun, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak 1 meter, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas sehingga tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19.

No More Posts Available.

No more pages to load.