DITENGAH OPERASI SAR KORBAN KAPAL TENGGELAM YANG MASIH DIGELAR, TNI AL TETAP BERIKAN PELAYANAN VAKSINASI DI PONTIANAK

oleh -160 views

 

Disela-sela Pelaksanaan SAR pencarian korban tenggelamnya 18 kapal akibat cuaca ekstrem beberapa waktu lalu, Lantamal XII Pontianak juga melaksanakan serbuan vaksinasi Kepada masyarakat maritim di Kota Pontianak, Kamis (22/07).

Kegiatan serbuan vaksinasi di pelabuhan Pelindo II Dwikora Kota Pontianak merupakan lanjutan serbuan vaksin Lantamal XII yang melibatkan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Lantamal XII Pontianak, tenaga kesehatan Polda Kalbar, Kesdam XII Tanjungpura dan Lanud Supadio Pontianak serta tenaga kesehatan dari Pemprov Kalbar.

Serbuan vaksinasi akan berlangsung selama dua hari. Untuk hari pertama Vaksin yang disediakan sebanyak 64 vial jenis Sinovac untuk 640 orang dan 2 vial jenis Astrazeneca untuk 20 orang, sedangkan vaksin yang sudah disuntikan kepada masyarakat maritim sebanyak 510 orang yang terdiri atas 280 orang menerima vaksin yang pertama dan 230 orang menerima vaksin yang ke dua. Sehingga total vaksin yang tersalurkan sebanyak 51 vial diantaranya 50 vial vaksin Sinovac dan 1 vial vaksin Astrazeneca.

Pada saat peninjauan pelaksanaan Vaksinasi, Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman mengatakan, “Kegiatan yang kita laksanakan di Pelabuhan Pelindo II Dwikora ini merupakan bentuk kepedulian TNI AL dalam mensukseskan serbuan vaksin nasional khususnya untuk masyarakat Maritim di Kalimantan Barat”

Danlantamal juga menyampaikan bahwa vaksinasi Massal yang dilakukan di Wilayah kerja Lantamal XII Pontianak merupakan implementasi arahan dari pimpinan TNI AL, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. kepada seluruh jajaran dalam mensukseskan program pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona dengan melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 sesuai dengan target pemerintah 1 Juta vaksin perhari.

Selain itu, Danlantamal menghimbau kepada seluruh peserta vaksinasi untuk tetap melaksanakan protocol kesehatan yang ditetapkan pemerintah meski telah melaksanakan vaksin.

“Untuk yang sudah di vaksin, agar tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, sebagai usaha untuk memutus penyebaran Covid-19 yang terus meningkat,” ingatnya.

Kegiatan Vaksinasi yang digelar Lantamal XII tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat maritim yang sudah divaksin pada dosis pertama, tim serbuan vaksinasi juga menerima peserta yang sama sekali belum melakukan vaksin..

Masyarakat yang mengikuti vaksinasi hari ini adalah masyarakat maritim Kalimantan Barat, warga kota Pontianak dan beberapa warga dari luar kota seperti dari  Kubu Raya, bahkan ada yang berasal dari luar Kalimantan Barat yaitu dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

No More Posts Available.

No more pages to load.