Dorong Pelestarian Nilai Budaya dan Tradisi, Brigjen Said Latuconsina Buka Acara Panggayong Manggurebe di Negeri Tengah-Tengah Kabupaten Maluku Tengah*

Dorong Pelestarian Nilai Budaya dan Tradisi, Brigjen Said Latuconsina Buka Acara Panggayong Manggurebe di Negeri Tengah-Tengah Kabupaten Maluku Tengah*

Daerah513 Dilihat

 

TNI Angkatan Laut. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut. Lestarikan budaya dan tradisi asli Maluku, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla membuka Lomba Panggayong Perahu Belang bertempat di Pantai Hukehare, Negeri Tengah-Tengah, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah pada Sabtu. (13/04/24)

Kegiatan Sai Pahari (Panggayong Manggurebe) atau Lomba Dayung Manggurebe sendiri adalah budaya asli Maluku yang ada sejak dahulu kala, khusus di Negeri Tengah-Tengah budaya ini telah fakum selama lebih dari 30 tahun dan baru dilaksanakan kembali pada 2 tahun terakhir. Lomba Panggoyong Perahu Belang akan dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti oleh 16 tim antar Marga dan antar Dusun di Negeri Tengah-Tengah.

Brigjen Said Latuconsina dan Ketua Korcab IX DJA III beserta rombongan disambut oleh warga Negeri Tengah-Tengah saat masuk kampung ditandai pengalungan kain tenun oleh Raja Tengah-Tengah dan isteri disertai tarian hadrat pemuda-pemuda negeri.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal IX didampingi oleh Ketua Korcab IX DJA III Ny. Widiya Said Latuconsina secara simbolis membuka jalannya lomba. Brigjen Said Latuconsina juga naik keatas perahu untuk memberangkatkan peserta lomba dari garis start.

Dalam sambutannya Danlantamal IX mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan budaya dan tradisi yang harus terus dilestarikan. Kedepan perlu dikemas secara profesional sehingga memberikan nilai tambah kepada masyarakat antara lain pengembangan pariwisata bahari, peluang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Sekaligus mengenalkan budaya Negeri Tengah-Tengah melalui kegiatan tahunan. TNI Angkatan Laut melalui Lantamal IX siap mendukung kegiatan yang bernuasa bahari tersebut.

Kegiatan Lomba Panggayong Perahu Belang tampak meriah terliat dari antusiasme masyarakat yang datang untuk mendukung tim yang sedang berlomba. Kerumunan warga tampak meluapkan kegembiraannya apabila perahu dari tim yang mereka dukung berada di posisi terdepan serta memberikan semangat kepada para peserta agar terus berjuang dan berhasil dalam perlombaan tersebut.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Laksma TNI Efendi Maruapei S.H., M.H saat ini menjabat sebagai Kaodmilti 1 Medan yang merupakan putra asli Negeri Tengah-Tengah. Lomba Sai Pahari dikemas dalam rangkaian kegiatan “Tengah-Tengah Panggil Pulang”.

Danlantamal IX berharap kedepan kegiatan Lomba Panggayong Perahu Belang dapat terus berkembang dan diperluas sehingga dapat diikuti juga oleh peserta dari Desa lain. (Dispen Lantamal IX)