DPRD kota Depok  menggelar Acara Rapat Paripurna dalam rangka persetujuan DPRD Kota Depok terhadap empat Raperda kota Depok dan adanya Penyampaian Hasil Reses Masa Sidang Pertama

oleh -225 views

Hari ini Selasa , 16 /02/2021,  DPRD kota Depok  menggelar Acara Rapat Paripurna dalam rangka persetujuan DPRD Kota Depok terhadap empat Raperda kota Depok dan adanya Penyampaian Hasil Reses Masa Sidang Pertama.Tahun sidang 2021 yang bertempat diruang Sidang Paripurna DPRD kota Depok ( Jl.Boulevard Sektor Anggrek Grand Depok ).

Acara Rapat Virtual Paripurna DPRD Kota Depok akhirnya dimulai jam 14.36 WIB yang dihadiri oleh para tamu undangan diantaranya Kepala Dinas Terkait , para anggota DPRD Kota Depok, Wakil Walikota Depok melalui Virtual, Pejabat TNI Polri ,

Acara Dibuka oleh Ketua DPRD Kota Depok Bapak Ir.HTM Yusuf Syahputra , pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan jumlah angg6 yang hadir sebanyak 36 anggota baik melalui virtual maupun yang hadir dalam rapat sidang Paripurna pembahasan pengesahan empat Raperda dan juga penyampaian hasil reses Masa sidang pertama ditahun 2021.

Rapat Paripurna DPRD Kota dibuka atas persetujuan Fraksi Demokrat ,Fraksi PKS, Fraksi Golkar dan PDIP,,Fraksi Partai Gerindra Fraksi Partai PAN ,yang masing – masing melakukan pelaporan secara tertulis dari hasil kegiatan reses yang dilakukan oleh setiap fraksi.

Pada kesempatan tersebut dari Fraksi Partai PKS Melakukan pencapaian Laporan dari hasil kegiatan selama masa reses dari setiap kegiatan sesuai daerah pemilihan ( Dapil ) masing masing anggota DPRD diantaranya
1. Dapil Wilayah Kecamatan Pancoran Mas dengan Atas nama Legislatif H.Moh.Hafid Nasir dan H.Imam Musanto,S.Pd.

2. Beji,Cinere ,Limo ( T.Farida dan Rachmawati ,S.E , M.Si .

3. Cimanggis ( Dra. Sri Utami , M.M . dan Ade Supriyatna , S.T ).

728×90 Leaderbord

4.Sukmajaya ( Muhammad Supariyono , Amd ,AK dan Hengky, ST ) .

5. Cilodong – Tapos ( Qurtifa Wijaya , S.Ag dan Ade Firmansyah , SH )

6.Cipayung , Sawangan dan Bojongsari ( Habib Syarif Ghasim Husin Al Atas dan. H.Khairulloh ) .

Dalam penyampaianya yang disampaikan oleh Dra .Sri Utamii , M.M .selaku ketua Dari Fraksi Partai PKS DPRD Kota Depok diantaranya bahwa Aspirasi yang masuk terkait urusan Aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi A antara lain mengenai masalah ketertiban umum dan keamanan lingkungan (Satpol PP), kebutuhan sarana wifi gratis untuk anak sekolah (Diskominfo), dan penyuluhan bahaya narkoba (BNN). Masukan yang disampaikan antara lain terkait langkah penertiban atas potensi gangguan keamanan lingkungan, khususnya pada sebagian wilayah yang masih ada kumpulan anak muda di waktu malam, agar menjadi perhatian bersama aparat Rt, Rw, Kelurahan, Satpol PP dan lainnya. Berkenaan dengan kebutuhan Wifi Gratis untuk sarana siswa belajar online (Daring) diharapkan dapat terus dilengkapi oleh Diskominfo di seluruh wilayah kelurahan, dengan tetap memperhatikan pemanfaatan jaringan internet hanya untuk hal positif. Untuk penyuluhan bahaya narkoba juga diharapkan dilakukan secara rutin, khususnya bagi generasi muda di lingkungan masyarakat.

Aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi B antara lain mengenai fasilitasi dan pemberdayaan ekonomi warga yang terdampak pandemmi covid, khususnya bagi para pemuda, karang taruna dan ibu-ibu, berupa kegiatan pelatihan, bantuan permodalan, bantuan peralatan produksi, bantuan pemasaran, dan lainnya. Agar menjadi perhatian Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan dan Industri, dan lainnya.

Aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi C antara lain mengenai usulan perbaikan jalan lingkungan, pembuatan dan perbaikan drainase atau saluran air dan gorong-gorong, turab kali, normalisasi setu, penanganan masalah banjir, penanganan sampah liar dan sampah di TPS yang tidak terangkut, perhatian pada Bank Sampah, bantuan motor gerobak sampah, pembangunan septic tank komunal, perluasan Ruang Terbuka Hijau (RTH), pembangunan Rumah Tidak Layah Huni (RTLH), penambahan dan perbaikan PJU, dan sebagainya. Agar menjadi perhatian Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan

Aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi D antara lain mengenai bantuan jaring pengaman sosial terkait covid, perbaikan proses verifikasi dan validasi DTKS untuk bantuan kesehatan dan bantuan sosial warga kurang mampu, penanganan masalah kesejahteraan sosial anak jalanan dan pengemis, pengamen anak silver di jalanan, peningkatan kesejahteraan kader posyandu, PKK, Karang Taruna, majelis taklim, DKM Masjid, insentif guru TPA, pembangunan SMA/SMP dan Madrasah, bantuan pembangunan Masjid dan Majelis Taklim, fasilitas untuk sarana belajar daring, sarana mengaji, alat musik hadrah/marawis, sound system, sarana prasarana olahraga dan seni budaya, penambahan puskesmas kelurahan, pelayanan KIS dan BPJS, pengadaan dan penambahan ambulans pasien di tiap kelurahan/puskesmas, bantuan ambulans jenazah untuk Masjid, dan sebagainya. Agar menjadi perhatian Dinas Sosial, DPAPMK, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Sekretariat Daerah bidang Sosial Keagamaan, dan lainnya.

Rincian catatan reses para aleg FPKS ini kami lampirkan dalam laporan ini dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Laporan Reses ini.

Lannjut beliau juga  menyampaikan Terkait aspirasi yang disampaikan oleh warga Depok di Masa Reses itu, maka Fraksi Partai Keadilan Sejahtera memberikan rekomendasi sebagai berikut :

Diminta Pemkot terus memprioritaskan penanganan terkait kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, baik dari aspek kesehatan, kesejahteraan sosial, maupun pemberdayaan ekonomi. Koordinasi dan kerjasama dengan berbagai elemen Swasta dan Masyarakat, Media dan sebagainya, hendaknya terus dilakukan. Refocusing dan Realokasi APBD dilakukan dengan skala prioritas berbasis data kebutuhan di lapangan, baik dari aspek kesehatan maupun sosial ekonomi.

Pembangunan infrastruktur masih menjadi aspirasi dan perhatian utama dari warga Depok, untuk itu kami meminta agar program perbaikan jalan dan jembatan, normalisasi saluran air, turap kali dan setu, serta pemeliharaan jalan- jalan lingkungan yang rusak, tetap dilanjutkan.

Untuk penanganan potensi banjir di musim penghujan saat ini, agar Dinas PUPR dan Rumkin mengkaji lebih lanjut, bukan sekedar membangun saluran air yang meneruskan air, tetapi juga dengan pembuatan sumur resapan yang menampung air tanah di lingkungan warga untuk kebutuhan jangka panjang, sesuai dengan Perda Kota Hijau.

Perbaikan sarana ibadah ( masjid, musholla, majelis taklim dan lainnya ), serta peningkatan alokasi anggaran untuk kegiatan Majelis Taklim, PKK, Karang Taruna dan sebagainya, hendaknya dapat dilanjutkan dan terus ditingkatkan.

Selain permasalahan infrastruktur dan lingkungan hidup serta pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan, penting diperhatikan program insentif perekonomian, termasuk bantuan untuk Koperasi dan UMKM, Pelatihan Wirausaha, Bantuan Permodalan dan Pemasaran Produk Depok, dan lainnya.

Setelah Fraksi dari Partai PKS menyampaikan laporannya maka saat giliran Fraksi Partai Gerindra menyampaikan isi laporan dari kegiatan selama dilakukan nya ke masyarakat diantaranya dilaksanakan pada tanggal 3, 4 dan 5 Februari 2021 dengan menggunakan Protokol Kesehatan sesuai dengan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota Depok, dimana Reses dilakukan dengan menggunakan metode door to door atau tatap muka namun terbatas.

Hal itu disampaikan oleh H.Mohamad HB, SE , selanjutnya Seperti kita ketahui bersama, Masa Reses merupakan masa atau kesempatan bagi setiap anggota Dewan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat dan kesempatan pula bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan atau persoalan yang mereka hadapi.

Reses juga berguna untuk mengawal program pemerintah daerah di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing serta mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Untuk itulah, langsung dari masyarakat, seluruh anggota Fraksi Gerindra mendengar dan mengetahui permasalahan  actual yang terjadi di masyarakat, walaupun tiap daerah atau wilayah, permasalahan yang ada berbeda – beda sesuai dengan laporan setiap anggota Fraksi Gerindra, adapun aspirasi dan permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat antara lain :

1.Bidang Infrastruktur

Aspirasi dan permasalahan yang disampaikan meliputi :

  1. Perbaikan jalan, Pengaspalan dan atau betonisasi
  2. Perbaikan dan Pembangunan Turab, mengingat sudah banyak Turab yang sudah butuh
  3. Peningkatan Pembangunan drainase untuk mengurangi banjir, serta melakukan koordinasi dengan wilayah sekitar sehingga terdapat pembangunan drainase yang berkesinambungan.
  4. Meminta agar Pemerintah kota bisa menertibkan Pengembang yang tidak atau belum memenuhi fasum fasos
  5. Meningkatkan pengadaan Penerangan Jalan umum terutama untuk mengurangi tingkat kerawanan
  6. Melakukan pengecekan, perbaikan dan melakukan peningkatan kemampuan Jembatan, karena banyak jembatan yang sudah mulai rusak dan budah tergenang apabila hujan

2.   Bidang Pemerintahan, Administrasi Pemerintahan dan Kependudukan.

Aspirasi dan permasalahan yang disampaikan meliputi :

  1. Meminta pada pemerintah  untuk  melakukan pemutahiran data masyarakat kurang mampu
  2. Meminta pada pemerintah untuk melakukan sosialisasi tentang penerima Bantuan
  3. Meminta pada pemerintah untuk membantu pengurusan surat – surat legalitas rumah
  4. Meminta pada pemerintah untuk lebih banyak melakukan sosialisasi mengenai permasalahan hibah tanah untuk pembangunan Posyandu dan posbindu

2.   Bidang Kesehatan

Aspirasi dan permasalahan yang disampaikan meliputi :

  1. Meminta Pemerintah tetap mengadakan sosialisasi tentang pencegahan Covid 19
  2. Meningkatkan pelayanan puskesmas sebagai ujung tombak kesehatan
  3. Meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah, terutama bagi pasien BPJS
  4. Memperbanyak perlengkapan untuk posyandu yang sudah
  5. Meminta kepada Pemerintah Kota agar dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dan mempermudah pelayanan

3.   Bidang Kebersihan

Aspirasi dan permasalahan yang disampaikan meliputi :

  1. Meningkatkan intensitas pengangkutan sampah di lingkungan masyarakat, serta masih terdapat banyak wilayah yang belum dilayani oleh Truk pengangkut sampah.
  2. Memperbanyak Pengadaan Tempat pembuangan sampah
  3. Memperbanyak pengadaan gerobak sampah

4.Bidang Kesejahteraan Masyarakat

Aspirasi dan permasalahan yang disampaikan meliputi :

  • Meningkatkan Perhatian Pemerintah Kota Mengenai Bantuan Sosial dimasa pandemi COVID –
  • Meningkatkan Perhatian Pemerintah Kota Terhadap Penyaluran Dana Bantuan Sosial yang harus tepat sasaran, karena banyaknya masyarakat yang seharusnya mendapatkan Bantuan namun tidak mendapatkan bantuan sosial.
  • Meningkatkan Hibah dan bantuan Sosial untuk masyarakat
  • Meningkatkan program perbaikan terhadap Rumah Tidak Layak Huni, karena banyaknya usulan RTLH yang belum terealisasi
  • Memperbanyak bantuan untuk kegiatan rohani dan rumah
  • UMKM dan koperasi agar lebih diperhatikan dan dibantu oleh Pemerintah Kota, baik dari segi perijinan, permodalan maupun

5.Bidang Pendidikan

Aspirasi dan permasalahan yang disampaikan meliputi :

  • Agar Pemerintah Kota dapat memberikan solusi terhadap banyaknya ijasah dari murid yang masih ditahan oleh pihak sekolah karena murud tersebut belum melunasi biaya
  • Meminta kepada Pemerintah Kota untuk mengadakan program beasiswa untuk anak – anak yang tidak
  • Meminta Pemerintah memberikan bantuan bagi anak anak yang menjalankan pendidikan secara
  • Meningkatkan pengawasan, pengecekan terhadap buku  – buku yang diedarkan disekolah, karena isi dari buku tersebut sering terdapat kesalahan isi dan terdapat gambar yang tidak tepat.
  • Agar Pemerintah memperbanyak pelatihan kerja bagi Pemuda maupun

6.   Bidang Keamanan

Aspirasi dan permasalahan yang disampaikan meliputi :

  • Kesejahteraan para Linmas untuk ditingkatkan, dikarenakan masa wabah COVID – 19 semakin tinggi tingkat kriminalitas di lingkungan
  • Agar Pemerintah Kota berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk pengawasan terhadap peredaran Narkoba dan Minuman Keras yang semakin meluas, dimana pada saat ini sudah sampai ke tingkat RW dan Adapun laporan Kegiatan Reses mendetail dari setiap Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi Gerindra Telah kami sampaikan kepada Sekretariat DPRD Kota Depok.

Bahwa kami dari Fraksi Gerindra akan selalu mengawal dan memperjuangkan seluruh aspirasi masyarakat tanpa mengenal lelah, seperti yang di sampaikan oleh Bapak Prabowo Subianto :

Dalam berjuang jangan cepat menyerah, janganlah cepat lelah, dan jangan merasa kalah, kesabaran harus menjadi sebuah cara perjuangan untuk terus konsisten dan agar perjuangan dapat terus tetap dipertahankan.

Selanjutnya Untuk Fraksi partai Golkar disampaikan laporannya oleh HJ.Juanah Sarmili pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan laporan nya seputarAspirasi dari masyarakat tentang apa yang menjadi persoalan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat di tengah wabah Pandemi Covid-19 sesuai Daerah Pemilihan ( Dapil ) masing-masing dalam rangka untuk meningkatkan fungsi dan peran Anggota DPRD Kota Depok kepada Konstituennya serta masyarakat Kota Depok umumnya.

Menyambung hal  tersebut Masukan, saran dan keluhan warga masyarakat dalam kegiatan Reses tersebut telah kami catat dan himpun dalam laporan kegiatan Reses Fraksi Partai  Golkar, antara lain:

BIDANG PEMBANGUNAN :

Peningkatan perbaikan dan pembangunan Infrastruktur, baik Jembatan, Drainase, Betonisasi, Pengaspalan dan Paving block masih menjadi skala prioritas permintaan dan harapan warga masyarakat agar dapat merasakan juga menikmati pembangunan dari Pemerintah baik Pusat, Provinsi maupun Kota Depok terlebih – lebih daerah yang memang belum tersentuh sama sekali. Diharapkan semua rencana pembangunan dapat terealisasi dengan baik dan tepat waktu walau dimasa Pandemi Covid 19 ini.

BIDANG PEMERINTAHAN :

Permintaan warga masyarakat terkait PJL (Penerangan Jalan Lingkungan) serta CCTV juga Pita Kejut untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di beberapa titik wilayah yang tidak terpantau serta kurang atau minimnya penerangan jalan lingkungan,

Pembangunan Sanggar seni baik tari, silat maupun yang lainnya sebagai wadah kreatifitas pemuda serta anak-anak dimasa pandemi.

BIDANG KESEHATAN :

Masih adanya keluhan warga masyarakat terkait pelayanan dan rumitnya pasien BPJS Kesehatan ataupun KIS yang seharusnya mudah diakses oleh warga masyarakat yang menggunakan kedua kartu tersebut, mohon tanggapan pemerintah serta Dinas terkait,

Pembangunan Puskesmas di Kelurahan Bedahan sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat dan segera bisa direalisasikan karena sudah ada lahan Fasos dan Fasum dari Pihak pengembang perumahan, begitu pula di Kelurahan Pancoranmas keberadaan Puskesmas sudah sangat lama dibutuhkan.

BIDANG PEREKONOMIAN :

Dampak dari masa Pandemi Covid 19 ini adalah penerapan PSBB dan PPKM serta PPKM Mikro yang mengakibatkan banyak tergerusnya usaha-usaha warga masyarakat tidak berjalan bahkan gulung tikar sehingga semakin sulit mendapat penghasilan untuk kehidupan sehari-hari, misalnya dengan diadakannya pelatihan-pelatihan usaha berbasis online untuk warga masyarakat, mohon solusi bersama baik eksekutif dan legislatif agar semua bisa tertangani dengan baik.

BIDANG PENDIDIKAN :

Peningkatan Sarana dan Prasarana  Madrasah  Ibtidaiyawilayah   Kel.Meruyung,

Peningkatan Sarana dan Prasarana Pendidikan islam yang berada dilingkungan  pondok pesantren serta pembangunan sekolah negeri islam, seperti MTsN, MAN dan MI Negeri agar bisa segera terealisasi pada tahun ini yang memang sangat diharapkan dan dinantikan oleh warga masyarakat kota depok.

BIDANG KESEJAHTERAAN :

Permintaan peningkatan Insentif Kader, baik Posyandu, Posbindu juga PKK  serta RT, RW dan LPM dari Dinas terkait bisa terealisasi karena merupakan ujung tombak pemerintah ke semua lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Fraksi Partai PDI Perjuangan juga turut melaporkan 10 anggotanya melaporkan hasil kegiatan dimasa reses sidang pertama pada tahun 2021, dimana fraksi partai PDIP tepat ditanggal 3 sampai dengan tanggal 5 Februari 2021 partai tersebut melakukan kegiatanya.

Hasil Kerja dimasa reses untuk Fraksi Partai PDI Perjuangan yang disampaikan langsung oleh ketua Fraksi  Ikravany Hilman, S.Ip , beliaupun memberikan informasi sepanjang kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya

” kami Fraksi PDI Perjuangan   menyerap   hasil   aspirasi   masyarakat,   mengemukakan beberapa permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, baik di sektor  pembangunan  fisik  maupun  non  fisik  yang  meliputi  bidang Pemerintahan, Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, serta Ekonomi.

Hasil penjaringan aspirasi masyarakat ini wajib ditindaklanjuti sebagai perencanaan program dan kegiatan pemerintah kota “.

Lanjut beliau  Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, dan Peraturan DPRD Kota Depok Nomor 1 Tahun 2018 tentang Peraturan Tata Tertib DPRD, pada
pasal 111 ayat 4 disebutkan bahwa Anggota DPRD Wajib Melaporkan hasil pelaksanaan Reses Kepada Pimpinan DPRD, yang antara lain ada:

  • Jadwal Waktu dan tempat kegiatan Reses
  • Tanggapan, Aspirasi dan Pengaduan dari Masyarakat
  • Dokumentasi Peserta dan Kegiatan Pendukung

Hal tersebut diatas harus dilakukan karena bagi Anggota DPRD yang tidak menyampaikan Laporan Sebagaimana tersebut di atas tidak dapat melaksanakan Reses berikutnya.

Dalam   Sidang   Paripurna   yang   terhormat   ini,   ijinkan   Fraksi   PDI Perjuangan akan menyampaikan laporan mengenai tanggapan, aspirasi  dan pengaduan dari masyarakat dalam Kegiatan Reses anggota kami
yang telah dilakukan pada tanggal 3, sampai dengan 5 Februari 2021.

Bidang Pemerintahan

1.Pemerintah Kota Depok harus segera memperbaiki data warga miskinnya. Baik yang menerima PKH, penerima bantuan non tunai dan warga miskin yang belum menerima bantuan apa-apa, karen terbukti dilapangan banyak yang tampak seperti salah sasaran sehingga  menimbulkan  kecemburuan  sosial.  Termasuk  Masih banyaknya masyarakat yang membutuhkan KIS dan KIP tetap sulit mendapatkannya.

2.Diharapkan Pemerintah Kota Depok ada perhatian dan bantuan  secara adil  dalam  situasi  pembatasan  aktivitas  namun  belum tersentuh dari Pemerintah Kota Depok.

3. Bantuan sosial akibat wabah Covid 19 dari Pemerintah terlalu lama turun ke warga.

4.Bantuan sosial yang tidak terealisasi dengan baik dan tidak tepat sasaran, sehingga  dibutuhkan  koordinasi  dengan  pihak  Ketua Lingkungan setempat.

5.Masyarakat masih kesulitan mengadukan keluhan Covid 19 kepada Pemerintah Kota  Depok  dan  Satgas  Covid  kurang  responsif  terhadap aduan.

Bidang Infrastuktur

1. Dinas DLHK agar  memperhatikan  sampah-sampah  yang  masih dibuang   sembarang   tempat,   dengan   melakukan   koordinasi  bersama dengan pengurus RT dan RW, sehingga solusi sampah pelan-pelan bisa diatasi dari lingkungan terkecil. Permasalahan ini  sudah disampaikan ke Dinas terkait, tetapi dinas terkait belum ada yang meninjau lokasi.

2. Meskipun dalam kondisi pandemik seperti saat ini, Dinas PUPR tetap memperhatikan titik-titik banjir yang harus diatasi dan tetap memperhatikkan jalan-jalan dan saluran-saluran air yang harus diperbaiki dan dibangun, agar kerusakan tidak semakin parah.  Sehingga   selesai   pandemic   pembangunan   dapat   langsung
dikerjakan, apalagi musim hujan harus tanggap bencana longsor dan banjir disetiap wilayah.

Bidang Pendidikan

1. Karena dampak ekonomi akibat wabah Covid 19, para orang tua murid meminta diberikan keringanan untuk biaya-biaya pendidikan terutama disekolah-sekolah swasta.

2.Sukseskan Program Wajib Belajar 12 tahun dengan salah satunya, jangan ada lagi ijazah yang tertahan terutama disekolah-sekolah swasta (karena  orangtua  murid  belum  melunasi  biaya-biaya pendidikan disekolah tersebut).

3. Diharapkan penambahan pembangunan-pembangunan SMP Negri diwilayah Kota  Depok  yang  padat  penduduk,  khususnya  di Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Cimanggis.

Bidang Kesehatan

1.Diadakannya penyemprotan disinfektan untuk warga masyarakat.

2.Gugus Covid diminta memberi bantuan kepada warga yang sedang isolasi mandiri baik berupa sembako maupun bantua vitamin.

3. Disediakannya ambulance khusus   pasien   Covid-19   disetiap  kelurahan, bukan ambulance siaga.

4.Diadakannya Tes Swab Covid-19 secara gratis.

5.Agar dipermudah ketika pasien sakit menggunakan Bansos.

6. Sosialisasi untuk warga yang belum memiliki BPJS atau KIS supaya
tidak dipersulit untuk pengurusannya.

7.Peningkatan pelayanan untuk pasien yang menggunakan BPJS atau
KIS.

8 . Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan dan tenaga medis.

Bidang Ekonomi

1. Pemerintah Kota Depok agar memberikan peluang usaha bagi  masyarakat agar dapat meingkatkan pendapatan perekonomian  bagi masyarakat Kota Depok

2. Kedepannya harus diberdayakan UMKM yang berasal dari warga, apalagi angka pengangguran semakin bertambah.

3.emerintah harus memikirkan para pekerja yang terkena PHK karena pandemik Covid 19 ini.

4.Akibat covid banyak warga yang work from home ataupun yang  dirumahkan, pemerintah  kota  agar  membantu  pemberdayaan masyarakat melalui pemberian bibit tanaman, benih ikan atau pelatihan-pelatihan  bahkan  modal  umkm  untuk  perekonomian masyarakat agar tetap stabil. Diharapkan dinas terkait bias respon dan menyiapkan kebutuhan tersebut.

Selain itu Dari fraksi Partai PAN dan Fraksi Demokrat serta Fraksi Persatuan Pembangunan bahkan dari Fraksi PKB serta PSI juga memberikan hasil laporan Program kerja selama reses dari masing – masing fraksi partai yang ada di gedung DPRD Kota Depok .

Bahkan dalam acara Rapat paripurna juga membahas tentang pengesahan terhadap empat Raperda kota Depok dimasa sidang pertama pada tahun 2021.