DPW PAN Jatim Bagikan Sapi Limousin Seberat 1,2 Ton ke PW Muhammadiyah dan PW NU Jatim

PAN Jatim Serahkan Sapi Seberat 1,2 Ton ke Muhammadiyah dan NU Jatim, Achmad Rubaie: Untuk Mempererat Silaturahmi

Daerah276 Dilihat

 

Surabaya – DPW PAN Jatim menyerahkan sapi kurban kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) dan Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur masing-masing seberat 1,2 ton, Selasa (27/6/2023). Sapi limousin ini diserahkan langsung oleh Achmad Rubaie Ketua Harian DPW PAN Jatim mewakili Ahmad Rizki Sadig Ketua DPW PAN Jatim, didampingi Wakil Sekretaris Fahrudin.

Achmad Rubaie mengatakan, setiap kali Hari Raya Idul Adha, DPW PAN Jatim selalu Istiqomah menyalurkan hewan qurban kepada beberapa masyarakat. Termasuk kepada ormas keagamaan, NU, Muhammadiyah, pondok pesantren dan lainnya.

“Pagi ini kami bersilaturahmi ke PW Muhammadiyah dan PWNU Jawa Timur sekaligus menyerahkan masing-masing 1 ekor sapi hewan kurban seberat 1,2 ton. Untuk selanjutnya untuk dimanfaatkan, disembelih sesuai ketentuan syariat dan dagingnya diberikan kepada masyarakat yang memerlukan,” kata Rubaie sapaan akrabnya saat dihubungi, Selasa (27/6/2023).

Kata politisi senior PAN Jatim ini, kegiatan ini dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi antara PAN Jawa Timur dengan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Bahkan juga agar hubungan silaturahmi yang sudah terjalin semakin diperkokoh.

“Lebih-lebih ada momentum Idul Adha dan tentu kami terus berupaya pada momentum-momentum lain, untuk selalu menjalin dengan ormas-ormas keagamaan baik itu NU, Muhammadiyah dan ormas-ormas yang lain. Tentunya untuk memperkuat hubungan ukhuwah Islamiyyah dan hubungan Ukhuwah Wathoniah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pungkas Achmad Rubaie Bacaleg PAN DPR RI Dapil Jatim III (Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso) ini.

Dilansir dari pwm.co untuk PW Muhammadiyah Jatim, sapi kurban diterima oleh Sekretaris PWM Jatim Prof Dr Biyanto di halaman Masjid al-Badar Jl. Kertomenanggal.

Prof Biyanto mengatakan, sapi kurban ini akan diserahkan ke Lazismu Jatim yang dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Krian pada hari Idul Adha. Daging kurban dikemas dalam bentuk kalengan sehingga distribusi daging bisa lebih lama.

“Saya mewakili PWM Jatim menyampaikan terima kasih atas pengiriman hewan kurban berupa seekor sapi seberat 1,2 ton. Kami segera menyerahkan ke Lazismu Jatim untuk disembelih dan diolah menjadi masakan yang siap saji dan dikemas dalam kaleng yang bertahan lama,” kata guru besar UIN Sunan Ampel ini.

Sejauh ini, sambung dia, Lazismu Jatim sudah memiliki pengalaman dalam pemanfaatan daging korban untuk dibuat RendangMu, KornetMu, dan pentol bakso.

Diterangkan, berbagai bentuk daging olahan yang disisihkan dari hewan kurban sangat penting untuk membantu makanan bergizi bagi masyarakat yang dilanda musibah, baik bencana alam atau bencana kemanusiaan.

Ini merupakan ijtihad Muhammadiyah terkait pemanfaatan daging kurban yang sudah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir. “Lazismu akan mendistribusikan Rendangmu ke masyarakat dan daerah bencana. Program Rendangmu ini sudah berjalan beberapa tahun dan efektif membantu masyarakat,” katanya.

Prof Biyanto juga mendoakan untuk kesuksesan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pemilu 2024 mendatang dengan memperoleh suara yang banyak untuk memperjuangkan kepentingan umat. (red)

GD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *