dr Vetinly dan dr Paulina Toding memanggil tim bulu tangkis tunggal putra utama

oleh -273 views

Ahli gizi pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), dr Vetinly dan dr Paulina Toding memanggil tim bulu tangkis tunggal putra utama, Jumat (16/4/2021). Bertempat di ruang rapat Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, pemanggilan ini dimaksudkan untuk saling berkonsultasi terkait pemenuhan gizi dan nutrisi para atlet.

Jonatan Christie dan kawan-kawan terlihat antusias di sesi ini. Banyak pertanyaan dan permintaan diutarakan kepada dua ahli gizi tersebut.

“Tujuan dari pemanggilan dan pengumpulan ini sebenarnya untuk memberikan edukasi bagaimana sih makan yang sesuai untuk atlet, karena kan kebutuhan kalori atlet ini berbeda dengan yang non-atlet. Terus kemudian komposisinya juga berbeda, supaya mereka bisa dapat hasil yang baik,” kata Vetinly.

Sebagai ahli gizi yang baru bertugas di Pelatnas PBSI, Vetinly dan Paulina menganggap konsultasi seperti ini juga menjadi bagian observasi. Selain itu sekaligus mendengar masukan-masukan dari atlet agar asupan gizi bisa tercukupi.

“Jadi memang saat ini kami masih terus melakukan evaluasi dan observasi secara menyeluruh. Yang agak kami ubah sedikit dari pola makan di pelatnas adalah mereka kebutuhan makannya kan besar, tapi ternyata ada beberapa atlet yang tidak bisa langsung makan sekaligus dalam jumlah besar. Oleh sebab itu frekuensi makannya kami sebar agar kalorinya tetap kita dapat tapi porsinya menjadi kecil-kecil,” ucap Vetinly.

“Selain itu, intinya kita mau tahu dari pihak atlet apa masukannya karena selama ini kan yang menjalani mereka. Ketika mereka ada permintaan, selama asupan gizinya bagus kami akan akomodir,” imbuh Paulina.

“Kami juga mau tahu dengan menu dan komposisi yang sekarang kita berikan itu bagaimana pengaruhnya di lapangan. Tadi ada atlet yang mengatakan kalau sekarang daya tahan lebih bagus dan kuat,” kata Paulina.

Dengan kegiatan ini, ahli gizi berharap para atlet bisa mengatur makan tanpa mengalami tekanan.

“Harapannya dengan kegiatan seperti ini kami maunya atlet bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tanpa merasa tertekan. Kami mau mereka tahu cara makan yang benar tapi fun. Kalau sudah tercukupi nanti latihannya bisa maksimal dan prestasi tambah baik,” ujar Vetinly.

No More Posts Available.

No more pages to load.