Dua gol Virgil van Dijk mengantarkan Liverpool meraih kemenangan 2-1

0 40

Dua gol Virgil van Dijk mengantarkan Liverpool meraih kemenangan 2-1 atas tamunya Brighton and Hove Albion pada laga pekan ke-14 di Anfield, Sabtu (30/11/2019) malam WIB. Kemenangan ini memantapkan posisi Liverpool di puncak klasemen dengan 37 poin dari 14 pertandingan.

Hasil ini membawa kembali Liverpool ke jalur kemenangan setelah pertengahan pekan lalu ditahan imbang Napoli di Liga Champions.

Liverpool tampil dominan sepanjang 45 menit pertama. Meski unggul tipis dalam penguasaan bola (57%), Liverpool memiliki lebih banyak peluang (enam peluang), dimana lima diantaranya mengarah ke gawang Brighton.

Sejak menit awal tekanan langsung diberikan Liverpool ke pertahanan Brighton. Lima menit pertama ancaman datang dari Andrew Robertson dan Alex Oxlade-Chamberlain yang masih belum membuahkan hasil.

Setelah itu gantian Sadio Mane dan Roberto Firmino mendapatkan peluang yang masih belum bisa dikonversi menjadi gol. Kebuntuan Liverpool berakhir di menit 18.

Berawal dari tendangan bebas yang dilesakkan Alexander-Arnold yang kemudian disambut sundulan Van Dijk yang gagal dihalau kiper Brighton, Ryan. Skor 1-0 untuk Liverpool.

Dua menit berselang Firmino nyaris memperbesar keunggulan jika saja tendangannya gagal diselamatkan kiper Ryan.

Menit 24 Van Dijk kembali mencetak gol lewat skema yang sama. Kali ini berawal dari tendangan sudut yang dilesakkan Alexander Arnold yang kemudian disambut van Dijk dengan sundulan.

Tertinggal 0-2, Brighton berusaha merespons. Tiga peluang didapat Brighton diantaranya tendangan Davy Pröpper yang masih bisa diselamatkan kiper Alisson. Skor 2-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua, Brighton yang tertinggal dua gol berusaha lebih gencar menekan pertahanan Liverpool. Dua peluang didapat dia 20 menit pertama babak kedua diantaranya tendangan Aaron Connolly yang masih bisa diselamatkan kiper Alisson.

Liverpool juga beberapa kali mendapatkan peluang diantaranya percobaan tendangan kanan Sadio Mane dari tengah area penalti yang masih bisa diselamatkan kiper Ryan di menit 66.

Petaka didapat Liverpool di menit 76 saat Alisson diganjar kartu merah oleh wasit lantaran menghalau bola dengan tangannya di luar area penalti. Posisinya kemudian digantikan Adrian dan Alex Oxlade Chamberlain dikorbankan dengan ditarik keluar.

Dan, pelanggaran Alisson itu dimanfaatkan betul oleh Brighton. Tendangan bebas Dunk bersarang ke gawang Liverpool. Gol tersebut sempat dipertanyakan karena ketika bola ditendang Dunk, kiper Adrian sedang tidak siap karena mengatur pagar hidup.Namun wasit tetap mensahkan gol tersebut. Skor 2-1 masih untuk keunggulan Liverpool.

Bermain dengan 10 pemain jelas menyulitkan Liverpool. Brighton berusaha keras memanfaatkan itu dengan terus menekan pertahanan Liverpool. Blunder nyaris untuk kedua kali dilakukan kiper Adrian ketika tangkapan bolanya dari tendangan Aaron Connolly sempat terlepas.

Sampai peluit panjang berbunyi skor tetap 2-1 untuk kemenangan Liverpool.

Susunan Pemain
Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Van Dijk, Lovren, Robertson, Wijnaldum, Henderson, Oxlade-Chamberlain, Mane, Salah, Firmino. Cadangan: Adrian, Milner, Keita, Gomez, Lallana, Shaqiri, Origi

Brighton: Ryan, Montoya, Dunk, Webster, Burn, Gross, Stephens, Propper, Bissouma, Mooy, Connolly. Cadangan: Button, Duffy, Maupay, Trossard, Murray, Schelotto, Alzate.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ