Earbuds wirelesspada saat ini semakin banyak di pasaran

oleh -121 views

Earbuds wirelesspada saat ini semakin banyak di pasaran. Samsung yang baru mengeluarkan Galaxy Buds+ beberapa bulan yang lalu kembali merilis earbuds terbaru merek Galaxy Buds Live. Berbeda dengan Galaxy Buds+, Galaxy Live memiliki desain yang jauh berbeda, bahkan apabila dibandingkan dengan earbuds wireless yang ada di pasaran pada saat ini.

Pada saat ini earbuds true wireless stereo menjadi wearables yang begitu populer. Meski begitu kebanyakan earbuds tersebut memiliki desain yang mirip satu sama lainnya. Samsung mencoba hal yang berbeda dengan desain Galaxy Buds Live. Sepintas earbuds ini memiliki desain seperti kacang (beans) sehingga saat bocor ke media sosial selama beberapa bulan sebelum resmi diluncurkan Buds Live sempat disebut sebagai Galaxy Beans.

Galaxy Buds Live ini selama satu pekan terakhir. Saat unboxing earbuds ini kesan yang didapatkan adalah earbuds ini terlihat mungil sekaligus berbeda dibandingkan perangkat sejenis. Bahkan apabila dibandingkan dengan Galaxy Buds atau Galaxy Buds+, atau dengan disain tongkat golf seperti yang banyak ditemui pada earbuds merek lainnya.

Desain berbentuk kacang dari Buds Live dengan nyaman masuk ke dalam telinga Anda. Seperti diutarakan oleh disainer Samsung, Buds Live merupakan open type wireless pertama dari lini Galaxy. Buds Live memang didesain untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama tetapi tetap terasa nyaman bagi penggunanya.

Terbukti kendati digunakan selama berjam-jam, kami mencoba menggunakan Buds Live selama lima jam nonstop untuk mendengarkan musik serta menonton film, earbuds ini tetap terasa nyaman dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Kami tidak mendapatkan masalah dengan desain kacang dari Galaxy Buds Live ini. Desain anyar Samsung ini lebih ergonomis dibandingkan desain earbuds tradisional. Buds Live dengan kokoh menempel di daun telinga dengan drivers speaker mengarah tepat ke saluran suara luar. Memang desain earbuds open type Buds Live dapat ditaruh dengan nyaman dengan diselipkan di tragus pada bagian telinga luar.

Kontrol sentuh pada Buds Live ini bekerja dengan baik, kontrol play, pause serta skip saat mendengarkan lagu berjalan nyaris sempurna. Kontrol sentuh ini dapat diatur melalui aplikasi Galaxy Wearables. Pada aplikasi ini Anda juga bisa mengatur hingga enam preset equalizer serta fitur active noise cancelling (ANC).

728×90 Leaderbord

Fitur ANC dari Buds Live telah mendapatkan sertifikasi UL di mana, fitur tersebut mampu mengurangi kebisingan dari latar belakang hingga 97 persen pada frekuensi rendah. Sistem ANC yang dilengkapi dengan dua microphone ini tidak sepenuhnya “menutup” telinga Anda dari dunia luar sehingga Anda masih bisa mendengarkan suara pengumuman saat berada di MRT, Transjakarta atau di KRL. Kendati begitu berdasarkan pengalaman kami ANC dengan kombinasi volume 50 persen ke atas membuat Anda berada dalam “dunia sendiri”. Kombinasi volume di atas 50% dengan ANC diaktifkan praktis membuat Anda tak bisa mendengarkan suara dari luar.

Driver speaker 12 mm dengan desain dari AKG dibarengi bentuk yang ergonomis membuat Buds Live memberikan suara yang kaya. Suara bass terdengar berdentum dengan enerjik, sementara rentang frekuensi tinggi terdengar dengan detail. Pada rentang midrange, Buds Live ini memberikan kualitas suara yang jernih.

Memang Anda tak bisa membandingkan earphone wired kelas audiophile dengan rentang harga yang sama, tetapi Buds Live mampu mereproduksi musik-musik favorit saya seperti Aerosmith, Taylor Swift atau Lady Gaga dengan cukup baik dan jelas untuk wireless earbuds. Desain Buds Live yang memiliki ventilasi sehingga telinga dapat “bernafas” saat menggunakannya membuat musik yang dihasilkan terdengar lebih lebar apabila dibandingkan earbuds lainnya.

Desain yang unik dari Buds Live ini menjadi salah satu hal yang bakal membuat penggunanya tampil berbeda. Finishing glossy seperti cermin dengan pilihan warna perak, hitam serta putih membuat penggunanya seperti memakai perhiasan yang membuat telinga terlihat berkilauan. Dengan dimensi yang kecil membuat Buds Live dengan mudah dibawa ke mana pun Anda beraktivitas. Bentuk yang minimalis seperti kotak perhiasan dari charging case Buds Live ini dengan mudah diselipkan ke dalam saku celana atau kantong baju.

Apabila Anda menginginkan true wireless earbuds yang unik, inovatif serta tetap nyaman digunakan dalam waktu yang lama Galaxy Buds Live seharga Rp Rp 2.599.000 ini adalah pilihan yang tepat.