Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani telah meminta para pemimpin dunia

oleh -535 views

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani telah meminta para pemimpin dunia untuk tetap terlibat dengan Taliban di Afghanistan. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Selasa (21/9/2021), Al Thani menggarisbawahi komitmen Qatar untuk berkontribusi pada penyelesaian konflik secara damai.

Berbicara pada sesi ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) di New York pada Selasa, Al Thani menekankan pentingnya dukungan berkelanjutan dari komunitas internasional kepada rakyat Afghanistan “pada tahap kritis ini, dan untuk memisahkan antara bantuan kemanusiaan dan perbedaan politik”.

“Penting juga untuk melanjutkan dialog dengan Taliban. Tindakan memboikot mereka hanya akan mengarah pada polarisasi dan reaksi, sedangkan dialog bisa bermanfaat,” tambahnya.

Qatar telah menjadi perantara utama di Afghanistan. Negara ini menjadi tuan rumah pembicaraan antara Amerika Serikat dan Taliban yang memuncak pada perjanjian 2020 untuk menarik pasukan NATO yang dipimpin AS, serta mengadakan pembicaraan damai intra-Afghanistan berikutnya.

Sejak penarikan AS bulan lalu, Qatar telah membantu mengevakuasi orang asing dan Afghanistan, melibatkan penguasa baru Taliban dan mendukung operasi di bandara Kabul, dengan pesawat Qatar Airways melakukan beberapa perjalanan ke ibu kota untuk menerbangkan bantuan dan mengangkut pemegang paspor. .

Sheikh Tamim mengatakan negaranya tidak berusaha untuk mengevakuasi ribuan orang dari Afghanistan sebagai “tugas kemanusiaan” setelah pengambilalihan Taliban. Dia menekankan bahwa tugas itu akan terus, dalam koordinasi dengan mitranya, untuk melakukan apa saja untuk “melestarikan yang nyata. keuntungan” yang dibuat di Doha.

“Kami senang bahwa Doha adalah ibu kota aksi multilateral internasional di kawasan kami,” katanya, seraya menambahkan bahwa Qatar berharap dapat membuka Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa di Doha dalam waktu dekat.

Lebih dari 100 kepala negara atau pemerintahan menghadiri sesi UNGA secara langsung, meskipun jumlah delegasi lebih kecil karena pandemi Covid-19

Menyinggung peringatan 50 tahun keanggotaan Qatar di PBB, Sheikh Tamim menganggap ketergantungan Qatar pada lembaga-lembaga internasional sebagai “taruhan strategis”. Dia mencatat bahwa hubungan antara Doha dan lembaga-lembaga tersebut telah ditandai dengan kerja sama yang erat selama lima dekade terakhir.

No More Posts Available.

No more pages to load.