Ethan Nwaneri mengaku masih optimistis timnya memenuhi target juara di Piala Dunia U-17 2023

Ethan Nwaneri mengaku masih optimistis timnya memenuhi target juara di Piala Dunia U-17 2023

Olahraga135 Dilihat

Gelandang tim nasional (timnas) Inggris U-17, Ethan Nwaneri mengaku masih optimistis timnya memenuhi target juara di Piala Dunia U-17 2023, meski di pertandingan pamungkas fase grup Inggris kalah 1-2 dari timnas Brasil U-17.

“Kami datang ke sini dengan target menjadi juara. Jadi target kami masih sama,” kata Nwaneri saat ditemui di mixed zone seusai pertandingan Inggris kontra Brasil di Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (17/11/2023).

Dalam laga kontra Brasil, baik Inggris maupun lawannya sama-sama bermain ketat sejak awal laga. Gol baru tercipta empat menit jelang turun minum, dengan Brasil terlebih dahulu membuka keunggulan lewat aksi penyerang binaan Flumineses, Kaua Elias Nogueira.

Inggris mencoba membalas di babak kedua, tetapi justru Brasil yang kembali mencetak gol pada menit ke-54. Memanfaatkan umpan silang dari Lucas Camilo, pemain belakang Da Mata yang maju ke depan sukses menyundul bola masuk ke gawang Brasil yang dikawal oleh Tommy Setford.

Inggris lalu mendapatkan penalti pada menit ke-69, setelah tinjauan video assistant referee (VAR) hampir selama 5 menit. Eksekusi Joel Ndala yang sempat tertunda hingga 2 menit akibat banyaknya protes dari pemain Brasil, berhasil dituntaskan dengan baik sepakan 12 pas miliknya tak mampu dibendung kiper Brasil, Phillipe Gabriel.

“Ini pertandingan yang berat, mereka bertahan dengan baik dan berhasil memanfaatkan peluang mereka dengan baik. Tak mengherankan karena mereka adalah Brasil dan ini adalah Piala Dunia,” kata Ethan Nwaneri.

Pemain binaan klub Premier League Arsenal itu mengakui Inggris U-17 mendapat banyak pelajar dari pertandingan kontra Brasil, yang juga juara bertahan turnamen.

“Sisi baiknya, kami masih juara grup dan lolos ke babak berikutnya. Tentu kekalahan ini menjadi evaluasi, sehingga kami siap melawan siapa pun di laga berikutnya,” kata Nwaneri.

Meski kalah dari Brasil, Inggris tetap menempati posisi puncak klasemen akhir grup C, unggul selisih gol dari Brasil dan Iran yang sama-sama mengoleksi 6 poin. Brasil yang kalah 2-3 dari Iran di laga pertama, menempati peringkat kedua.

Sementara Iran yang dipertandingan terakhir mengalahkan Kaledonia Baru 5-0 juga tetap berhak lolos ke 16 besar, setelah menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik.

Inggris masih menunggu lawan mereka di babak 16 besar, yang akan diselenggarakan pada Rabu (22/11/2023) kembali di JIS.