Film satire asal Korea Selatan Parasite memenangkan Piala Oscar untuk kategori Best Picture 

0 47

Film satire asal Korea Selatan Parasite memenangkan Piala Oscar untuk kategori Best Picture pada Senin (10/2/2020) pagi waktu Indonesia. Film yang dibintangi oleh Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik dan Park So-dam ini menorehkan sejarah dalam ajang bergensi bagi para pelaku industri film dunia.

Parasite menjadi film non berbahasa inggris pertama yang memenangkan penghargaan tersebut. Ditambah lagi, menjadi film Asia pertama yang memenangkan kategori tertinggi tersebut.

Pada ajang tersebut, Parasite berhasil memboyong total empat penghargaan, termasuk best director dan screenplay untuk Bong Joon Ho, serta kategori best international feature. Sebelum Oscar, Parasite juga mengantongi banyak penghargaan meraih empat nominasi dalam ajang Golden Globe Awards ke-77 dan berhasil menyabet piala Film Berbahasa Asing Terbaik.

Di ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), Parasite mengantongi empat nominasi dan membawa pulang dua piala, yaitu kategori Original Screenplay dan Film Not In The English LanguageParasite juga menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture.

“Saya tidak pernah berpikir saya akan menang. Saya ingin mencari gergaji di Texas, membagi Oscar menjadi lima dan membagikan semuanya dengan Anda,” kata Bong sambil menerima sutradara terbaiknya Oscar sembari memberi penghormatan kepada empat nominator sutradara lainnya..

Sedangkan Joaquin Phoenix memenangkan Oscar pertamanya, untuk aktor terbaik, karena memainkan badut yang gagal menemukan ketenaran dalam kekerasan dalam kisah komik-gelap Joker, dan memberikan pidato yang bersemangat tentang perubahan iklim dan hak-hak binatang. Renee Zellweger memenangkan aktris terbaik Oscar untuk penampilannya sebagai Judy Garland yang menua dalam biopik musikal Judy. Film perrang dunia pertama ‘1917’ memenangkan tiga Oscar, untuk kategori best cinematography, visual effects, dan sound editing.

Sementara Once Upon a Time in Hollywood membawa Oscar pertama untuk Brad Pitt, yang bermain peran pendukung. Laura Dern mengambil penghargaan sebagai aktris pendukung Oscar dan menjadi Academy Award pertamanya, karena berperan sebagai pengacara perceraian yang kejam di Marriage Story. Film Netflix The Irishman yang merupakan saga Mafia mahal yang disutradarai oleh Martin Scorsese dan masuk dalam 10 nominasi Oscar, pulang dengan tangan kosong.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ