FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) SESKOAL TAHUN 2022 RESMI DITUTUP

oleh -47 Dilihat

 

Seskoal, 25 Mei 2022 – Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Seskoal Tahun 2022 Secara resmi ditutup oleh Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han) diwakili Wakil Komandan (Wadan) Seskoal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Kompleks Seskoal Kebayoran lama, Cipulir, Jakarta Selatan. Rabu (25/5).

Pada kegiatan penutupan FGD, Wadan Seskoal didampingi Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksma TNI Didong Rio DPK , S.T., M.A.P., M.Tr (Han). Dalam sambutan Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr.(Han) yang diwakili Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo mengatakan di depan para Peserta FGD bahwa selama Dua hari ini telah kita ikuti bersama dengan penuh semangat kegiatan Focus Group Discussion Seskoal Tahun 2022 dan saat ini dihari ke Dua FGD, kita juga telah menyimak seluruh pemaparan dari kelompok diskusi Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 60 dalam memberikan pemikiran berupa pertahanan matra laut untuk menghadapi perpindahan ibu kota negara di Kalimantan Timur. “Pemaparan kelompok diskusi masing-masing bidang sebagai hasil dari diskusi dan gagasan akademis berdasarkan aspek strategi, operasi, IPTEK, manajemen dan kejuangan”.

Menurut Komandan Seskoal, dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan FGD hari ini, diharapkan para peserta akan memiliki pemahaman dan tambahan pengetahuan yang lebih luas dalam mempersiapkan diri terhadap perpindahan ibu kota negara sesuai tugas dan fungsi masing-masing, serta menjadi sumbangan pemikiran dalam upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam perpindahan ibu kota negara dari aspek pertahanan Matra laut. Mengakhiri sambutan, saya selaku Komandan Seskoal mengucapkan terima kasih kepada para peserta serta apresiasi tinggi kepada seluruh panitia dan pendukung kegiatan FGD Seskoal Tahun 2022.

Sementara itu, Kapujianmar yang juga turut hadir pada acara tersebut, juga memberikan pembekalan kepada para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 60 tentang hal-hal yang perlu dipahami dan dihayati oleh para Pasis Dikreg Seskoal sebagai generasi penerus bangsa, ketika menghadapi ibu kota baru di Kalimantan Timur. Menurut Kapusjianmar Seskoal, bahwa kegiatan FGD tentang Ibu Kota Negara (IKN) ini adalah milik kita bersama dan perlu pemikiran serta pemecahan bersama antara komponen pendukung, komponen utama dan komponen cadangan. ” Ada pepatah sekali dayung, tiga pulau terlampau. Mari kita belajar secara cepat dan silang (cross learning) artinya kalian sudah mumpuni sebagai Pasis dalam mengupdate terhadap situasi yang berkembang sekarang dan kedepan guna dijadikan produk naskah akademik bagi Seskoal dan Pemerintahan, sebagai bahan pertimbangan kebijakan di tingkat atas”, Ungkap Kapusjianmar Seskoal didepan peserta penutupan FGD IKN. Kapusjianmar Seskoal menambahkan bahwa hal ini sejalan dengan motto latihan, Lebih baik mandi keringat dalam latihan, dari pada mandi darah dalam pertempuran.

Dikesempatan yang sama, Wadan Seskoal mengatakan bahwa sejujurnya itu sudah sangat gamblang dan jelas tentang apa yang telah Kapusjianmar Seskoal ungkapkan pada pengarahan di penutupan FGD ini. “Tolong resapi betul, kalian harus lebih serius dan renungkan serta menyimaknya. Itu adalah realita yang harus ada pikirkan dari sekarang, karena kalian sebagai generasi penerus bangsa, kedepannya akan menghadapi dan mengawaki perkembangan IKN di Kalimantan Timur dari saat ini sampai dengan tahun 2045″, tegas Wadan Seskoal di depan para peserta FGD IKN para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke 60 Tahun 2022.

Kegiatan FGD yang diikuti oleh Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 60 Tahun 2022 sebanyak 175 orang, terdiri dari 164 orang Pasis TNI AL, 2 orang Pasis TNI AD, 2 orang Pasis TNI AU ini bertemakan,”Pertahanan Ibu Kota Negara (IKN) Ditinjau Dari Matra Laut Bidang Operasi, Strategi, IPTEK, Manajemen dan Kejuangan”. hadir pada acara tersebut, Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo, Kapusjianmar Laksamana Pertama TNI Didong Rio DPK, S.T., M.A.P., M.Tr (Han), Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A, para Pejabat Utama, para Moderator, Dosen, Perwira Staf dan para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke 60 Tahun 2022. Tidak lupa dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) sehingga terhindar dari Covid 19.

No More Posts Available.

No more pages to load.