Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengaku sudah mengeluarkan kemampuan terbaik mereka

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengaku sudah mengeluarkan kemampuan terbaik mereka

Olahraga190 Dilihat

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengaku sudah mengeluarkan kemampuan terbaik mereka, tetapi tetap kalah di perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 melawan Liang Wei Kang/Wang Chang, Jumat (12/4/2024).

Bermain di Ningbo, Tiongkok, Dalam pertandingan di Ningbo, Tiongkok, unggulan keenam itu menyerah kepada Liang/Wang dengan skor, 19-21, 21-17, dan 17-21. Mereka kalah atas ganda putra peringkat ketiga tersebut setelah berjuang 1 jam dan 6 menit.

Meski Pasangan ini mengaku tetap bersyukur kendati hasilnya belum sesuai harapan. “Kami sebenarnya sudah mencoba menampilkan permainan terbaik. Cuma hari ini lawan bermain sangat baik,” kata Rian yang bersama Fajar menjuarai All England 2023 dan 2024 ini.

Menurut Rian, beberapa kali bola yang seharusnya sudah mati, tetapi masih bisa dikembalikan lawan. Ini yang membuat lawan jadi makin percaya diri.

“Tadi pada gim pertama kami sempat unggul 19-16 tetapi lawan bermain tanpa beban untuk bisa mengejar satu poin demi satu poin dan malah bisa menang,” ujar Rian lagi.

Sebagai bahan evaluasi, lanjut pemain kelahiran Bantul ini, mereka harus selalu fokus baik saat unggul maupun tertinggal. Mereka tidak boleh lengah dan harus siap apa pun kondisinya.

Selain, Fajar/Rian dua wakil Indonesia juga gagal melaju ke semifinal. Mereka adalah tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung serta tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Gregoria Mariska Tunjung juga gagal melaju ke empat besar BAC setelah tumbang oleh unggulan kedua Chen Yu Fei. Jorji, nama panggilan Gregoria, menyerah dua gim langsung dengan skor 16-21 dan 19-21. Pemain kelahiran Wonogiri ini terhenti setelah bermain 49 menit.

Ginting gagal mengikuti jejak rekannya itu setelah pada perempat final menyerah 9-21 dan 10-21 kepada unggulan kelima Li Shi Feng. Runner-up All England 2024 itu gagal menyabet tiket semifinal setelah kalah dalam waktu 41 menit.

Satu-satunya wakil Indonesia yang akan tampil di babak empat besar besok adalah Jonatan Christie. Pemain bernama panggilan Jojo ini memastikan diri lolos ke semi final setelah menundukkan wakil Lee Zii Jia.

Jonatan Christie atau Jojo sukses melaju ke semifinal BAC 2024 setelah menundukkan wakil Malaysia, Lee Zii Jia, Jumat (12/4/2024).

Bermain di Ningbo, Tiongkok, Jojo menundukkan unggulan kedelapan itu dengan dua set langsung. Jojo sukses mengemas kemenangan 21-11 dan 21-6. Jojo memastikan langkahnya ke empat besar setelah berjuang 34 menit.

Ini menjadi kemenangan kelima Jojo dalam 10 pertemuan mereka. Dalam pertemuan terakhir sebelum berjumpa di BAC 2024 ini, Lee menang dengan skor 21-15 dan 21-13 di 16 besar India Open 2024.

Pada babak semifinal besok, pemain urutan kelima ini akan bertemu wakil Tiongkok Shi Yi Qi. Unggulan pertama ini mengemas tiket semifinal setelah menundukkan wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn, 22-20 dan 21-13.