Gelandang sayap asal Belanda, Arjen Robben mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola

oleh -606 views

Gelandang sayap asal Belanda, Arjen Robben mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola setelah 21 tahun berkarier sebagai pemain.

Robben membuat lebih dari 300 penampilan untuk Chelsea, Real Madrid dan Bayern Muenchen, dan memenangkan gelar liga di setiap negara tempat dia bermain. Pemain berusia 37 tahun itu berjuang dengan cedera setelah keluar dari pensiun pada 2020 dan bergabung kembali dengan klub masa kecil Groningen pada 2020.

Dia harus absen selama tujuh bulan musim lalu setelah melakukan debut keduanya.

Robben juga membuat 96 penampilan untuk tim nasional Belanda dan merupakan pemain internasional Belanda terbanyak kesembilan.

“Saya telah memutuskan untuk menghentikan karier sepakbola aktif saya. Setahun yang lalu saya mengumumkan kembalinya saya sebagai pemain FC Groningen. Saya memulai petualangan ini dengan energi dan antusiasme yang besar. Saya hanya harus menghadapi kemunduran fisik dengan cukup cepat, yang membuat saya tidak bisa bermain dalam waktu yang sangat lama. Setelah jalan panjang trial and error akhirnya saya berhasil memainkan game terakhir musim ini,” tutur Robben.

“Melihat kembali musim lalu, saya harus sampai pada kesimpulan jujur ​​bahwa jumlah menit pertandingan mengecewakan. Saya tahu sebelumnya bahwa ini bisa terjadi, tetapi saya menerima tantangan dan memberikan segalanya untuk membuatnya berhasil. Dan bukan hanya saya, semua orang di dalam klub dan di lingkungan terdekat saya telah membantu dan mendukung saya setiap saat.”

Setelah memulai kariernya di Groningen, Robben bergabung dengan PSV pada tahun 2002, menghabiskan dua musim bersama raksasa Belanda dan memenangkan satu gelar Eredivisie.

Dia kemudian bergabung dengan Chelsea pada tahun 2004, di mana dia adalah tokoh kunci dalam kemenangan gelar Liga Premier berturut-turut. Namun, karier Robben di London dilanda cedera, dan ia bergabung dengan Real Madrid menjelang musim 2007-08.

Di Madrid, dia memenangkan gelar di musim pertamanya tetapi hanya bertahan di Spanyol selama dua musim, pergi setelah penandatanganan Cristiano Ronaldo dan Kaka pada musim panas 2009.

Di Bayern Muenchen, Robben memantapkan dirinya sebagai salah satu pemain sayap terhebat di generasinya, ketika pemain Belanda itu menjadi ikon Bavaria. Selama satu dekade di Jerman, Robben meneror pertahanan Bundesliga dan memenangkan enam gelar liga. Bayern juga mengangkat Liga Champions pada 2012-13 saat mereka menyelesaikan treble penting.

Robben juga mencetak 37 gol untuk Belanda, mewakili mereka di enam turnamen besar.

No More Posts Available.

No more pages to load.