Gelaran Miss Mega Bintang Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Duni Mega Bintang kembali digelar

Gelaran Miss Mega Bintang Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Duni Mega Bintang kembali digelar

SELEBRITAS70 Dilihat

 Gelaran Miss Mega Bintang Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Duni Mega Bintang kembali digelar. Sosok terbaik pun dicari dari berbagai provinsi untuk menjadi pemenang dan mewakili Indonesia ke ajang internasional.

”Saya mencari finalis dengan kualitas yang meningkat di beberapa provinsi. Saya ingin pemenang Miss Mega Bintang Indonesia yang berpotensi bisa mewakili Indonesia ke ajang internasional dan menunjukkan kepada dunia bahwa perwakilan Indonesia mampu bersaing di kancah dunia”, ujar Ivan Gunawan, founder dari Yayasan Dunia Mega Bintang.

Tahun ini, ajang pemilihan Miss Mega Bintang Indonesia 2024 diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari 15 Provinsi di Indonesia. Pemilihan regional dilaksanakan di 13 provinsi sejak bulan Desember 2023 hingga April 2024, sementara 2 provinsi lainnya yakni Jakarta dan NTT dipilih melalui audisi di pusat oleh Yayasan.

Pemenang utama dari setiap provinsi secara otomatis melaju ke pemilihan nasional Miss Mega Bintang Indonesia 2024. Ivan pun menyebut jika nantinya ia akan memberikan wild card kepada kontestan setiap daerah, untuk mendapatkan kesempatan maju ke tingkat nasional.

“Yang menarik, tidak hanya pemenang utama yang maju ketingkat nasional. Tapi dari setiap daerah akan saya berikan wild card untuk mengikuti final di Jakarta”, tutur Ivan Gunawan.

Penilaian

Dalam proses seleksinya Ivan pun telah menentukan berbagai aspek yang dilihat dan dinilai yaitu beauty, brain, body dan business. Lewat aspek tersebu para finalis diharap bisa menggali potensi diri dengan menampilkan kelebihan mereka masing-masing dan social media presence yang bisa merepresentasikan diri mereka.

“Melalui ajang ini saya ingin melahirkan Queen yang tidak hanya cantik, tapi juga pintar secara menyeluruh dan memiliki potensi unik yang bisa dibanggakan. Saya juga ingin melihat bagaimana cara mereka mempromosikan potensi yang ada dalam diri mereka agar dikenal oleh masyarakat luas. Karena itulah saya ingin melihat mereka bisa menggunakan dan menghadapi perkembangan digital dengan bijak untuk kepentingan promosi diri mereka dan Indonesia di mata dunia,” jelas Ivan.

Karantina

Karantina Miss Mega Bintang Indonesia 2024 akan dimulai di Yogyakarta pada tanggal 3 hingga 7 Mei 2024 dan dilanjutkan di Jakarta pada tanggal 7 hingga 19 Mei 2024. Sedangkan malam finalnya akan digelar pada tanggal 19 Mei 2024 di Istora Senayan Jakarta.

Berbagai pembekalan pun akan diberikan kepada para peserta mulai dari skin care preparation, QnA pageantry, public speaking, pelatihan kesehatan wanita, dan pemberian materi oleh Kementerian PAREKRAF.

Tahun ini Miss Mega Bintang Indonesia 2024 hadir mengangkat budaya Indonesia akan menampilkan Culture Parade fashion show di Candi Sewu. Selain itu juga ada sesi Culture Festive di Preliminary dan Grand Final Miss Mega Bintang Indonesia, di mana finalis akan menampillkan kostum khas daerahnya dengan presentasi yang lebih modern dan ringan.

“Karena Miss Mega Bintang kali ini diikuti oleh 15 provinsi, maka kami akan menampilkan karakter dan kostum daerah mereka masing-masing. Tujuannya karena kami ingin para finalis bisa mereperesentasikan nilai-nilai budaya dari tempat mereka berasal dan mengenalkan budaya tersebut secara modern kepada masayarakat melalui ajang kecantikan ini, ” jelas Creative Director Yayasan Dunia Mega Bintang, Dardo Siregar.

 

 

Mahkota Gayatri

Setelah melalui berbagai proses seleksi pemenang utama Miss Mega Bintang Indonesia 2024 nantinya akan dianugrahi mahkota tebaru bertajuk Gayatri yang dirancang oleh Desainer Perhiasan Venezuela, George Wittels.

Mahkota ini tak hanya sekadar simbol keindahan tetapi juga merupakan penghormatan terhadap budaya dan warisan Indonesia. ”Tahun ini crown MMBI dengan tajuk GAYATRI memiliki elemen burung Sawung Galing yang juga melambangkan kemakmuran. Mahkota ini melambangkan 4 elemen : Beauty, Power, Strength dan Prosperity jika dikombinasikan, diharapkan bisa menciptakan kehidupan harmoni dan pencapaian terbain dalam hidup,” ungkap Ivan Gunawan.

Soal nama mahkota yang dipilih, Gayatri sendiri diambil dari salah satu istri Raden Wijaya, Raja pertama Majapahit, yang melambangkan kekuatan, ketangguhan, dan keterkaitan yang mendalam dengan sejarah Indonesia. Perpaduan antara makna sejarah dan desain modern menjadikan mahkota ini sebagai perwujudan sejati etos Miss Mega Bintang Indonesia.