Giat Non Fisik, TMMD Reguler Ke-116 Kodim 0735/Surakarta Gelar Penyuluhan Pengelolaan Sampah

Nasional84 Dilihat

 

Surakarta – Warga Masyarakat di Kp.Balong Baru Kelurahan banjarsari, Kecamatan Banjarsari mengikuti kegiatan Non fisik TMMD Reguler Ke-116 Kodim 0735/Surakarta yakni  penyuluhan tentang pengolahan sampah dan Penyuluhan administrasi kependudukan yang dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Senin (29/05/2023) tadi malam.

Pemberian materi Pengelolaan sampah dalam kegiatan sasaran Non fisik  TMMD Reguler ke-116 Kodim 0735/Surakarta ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta dengan nara sumber Drs. Tofan Bimas Susanto.

Drs. Tofan Bimas Susanto mengatakan hal ini dilakukan sebagai pelatihan bagaimana pengelolaan sampah organik maupun anorganik.

”Dimana sampah-sampah organik dijadikan kompos dan bagaimana proses pembuatannya. kemudian sampah anorganik dibuat sebagai kerajinan tangan, ” terangnya.

Menurutnya, Sosialisasi penyuluhan tersebut bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat mengenai sampah sebagai sesuatu yang tidak bernilai menjadi barang yang memiliki nilai guna.

“Saat ini jangan menilai sampah sebagai hal yang tidak berguna. Melainkan, harus menilai sampah sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan bernilai guna, sehingga bisa mendatangkan rupiah,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Drs. Tofan Bimas Susanto juga menyampaikan kepada warga yang hadir mnegikuti acara tersebut agar tidak membakar sampah sembarangan, selain bahaya terjadinya kebakaran juga dapat menimbulkan polusi udara yang tidak sehat.

(Agus Kemplu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *