Google mengumumkan akan menyediakan alat pengeditan foto yang didukung oleh kecerdasan buatan (artificial  intelligence/AI) generatif secara gratis

 Google mengumumkan akan menyediakan alat pengeditan foto yang didukung oleh kecerdasan buatan (artificial  intelligence/AI) generatif secara gratis

TEKNOLOGI84 Dilihat

Google mengumumkan akan menyediakan alat pengeditan foto yang didukung oleh kecerdasan buatan (artificial  intelligence/AI) generatif secara gratis untuk semua pengguna Google Foto.

Google mengungkapkan, mulai 15 Mei 2024, mereka akan memperluas cakupan fitur pengeditan AI yang sebelumnya hanya tersedia untuk ponsel Google Pixel dan melalui layanan berlangganan penyimpanan cloud Google One.

Dilansir dari CNBC internasional, Sabtu (13/4/2024), fitur AI Google Foto ini termasuk penghapus ajaib untuk menghapus objek yang tidak diinginkan, Photo Unblur untuk mempertajam gambar yang buram, dan Portrait Light untuk menyeimbangkan kembali pencahayaan foto.

Google menyatakan, perluasan ini akan membawa fitur-fitur tersebut ke lebih banyak perangkat, termasuk tablet Pixel. Pengguna desktop di sistem operasi Google perlu menggunakan Chromebook Plus dengan ChromeOS versi 118+ atau memiliki RAM minimal 3 GB, sedangkan pengguna di perangkat seluler harus menggunakan Android 8.0 atau iOS 15 atau yang lebih tinggi.

Sebagai bagian dari peluncuran bulan depan, Google juga akan memperluas akses ke fitur Magic Editor ke semua perangkat Pixel. Semua pengguna Google Foto di Android dan iOS akan menerima 10 penyuntingan foto Magic Editor per bulan, sedangkan pengguna perangkat Pixel dan pelanggan premium Google One dengan paket penyimpanan 2 TB akan mendapatkan akses tanpa batas.

Alat Magic Editor yang diperkenalkan bersama dengan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro menggunakan AI generatif untuk melakukan berbagai pengeditan foto, seperti mengubah posisi subjek, menghapus objek, atau mengubah warna langit, sambil menciptakan citra baru yang mengisi kekosongan.