Google secara resmi mengumumkan rencana pembayaran untuk konten berkualitas tinggi dari sejumlah grup media di Australia, Brasil, dan Jerman

0 1.220

Google secara resmi mengumumkan rencana pembayaran untuk konten berkualitas tinggi dari sejumlah grup media di Australia, Brasil, dan Jerman. Selain itu, pihak Google juga berharap dapat mencapai lebih banyak kesepakatan dengan perusahaan media di berbagai negara lainnya.

Perusahaan raksasa internet asal Amerika Serikat (AS) ini, selama bertahun-tahun berusaha menghindari permintaan pembayaran dari penerbit berita di seluruh dunia, sebagai imbalan penggunaan konten. Sejumlah kelompok media di Eropa, paling vokal menyuarakan hal ini. Namun, manajemen Google sendiri selalu menolak permintaan tersebut.

“Hari ini, kami mengumumkan skema lisensi yang memberikan pembayaran kepada penerbit untuk konten berkualitas tinggi , sebagai persiapan untuk peluncuran layanan berita di platform kami pada akhir tahun ini,” kata Brad Bender, wakil presiden Google untuk konten berita, dilansir dari Reuters, Jumat (26/6/2020).

Menurut Bender, Google akan memulai skema pembayaran konten berita tersebut di sejumlah negara. “Sementara, untuk penerbit di beberapa negara lainnya akan segera hadir,” kata Bender.

Rencananya, platform produk berita Google akan tersedia di Google News dan Discover. Bender mengatakan, Google akan menawarkan akses gratis bagi pembaca untuk setiap konten berbayar di situs mitra penerbit.

Adapun sejumlah kelompok media dan perusahan penerbit yang akan menerima pembayaran dari Google untuk konten berita mereka yaitu, Der Spiegel (Jerman), Frankfurter Allgemeine Zeitung (Jerman), Die Zeit (Jerman), Rheinische Post (Jerman), Schwartz Media (Australia), The Conversation (Australia) Solstice Media (Australia), Diarios Associados (Brasil) dan A Gazeta (Brasil).

Sebelumnya, pada bulan April lalu, komisi persaingan usaha Prancis telah memerintahkan Google untuk membayar penerbit Prancis karena menggunakan konten mereka. Sementara, Australia akan memaksa Google dan Facebook untuk berbagi pendapatan iklan dengan kelompok media lokal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ