Gubernur AAL Hadiri Upacara Penutupan Diksar Integrasi Kemitraan Taruna Akademi TNI/Polri 2021

oleh -100 views

 

AAL (27/10).Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/10).

Dalam upacara tersebut, Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI, Marsdya TNI Andyawan Martono P, S.I.P bertindak sebagai Inspektur Upacara. Tampak hadir Gubernur Akademi Militer, Gubernur Akademi Angkatan Udara, Gubernur Akademi Kepolisian, pejabat Akademi TNI, Direktur Pendidikan dan Komandan Resimen tiap Akademi Angkatan serta undangan lainnya.

Menurut Danjen Akademi TNI, Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Akademi TNI dan Akpol untuk Tahun pendidikan 2021/2022 diikuti oleh 982 Taruna yang terdiri dari 779 Prajurit Taruna Akademi TNI (449 orang Matra Darat, 190 Matra Laut, 140 Matra Udara) dan 203 Taruna Akpol.

Setelah dinyatakan lulus menjalani pendidikan Chandradimuka selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI Magelang, khusus untuk para Taruna Akpol setelah selesai pendidikan dasar ini akan dikembalikan ke Akpol guna mengikuti pendidikan tahap lanjutan di Akpol Semarang selama 3 tahun 6 bulan.

Sedangkan Taruna Akademi TNI masih akan melanjutkan pendidikan integratif tahap-2 selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI, hingga lulus dan dinaikan pangkat menjadi Kopral Taruna untuk selanjutnya diserahkan ke Akademi Angkatan guna melanjutkan pendidikan sesuai kematraan di Akmil, AAL dan AAU selama 3 tahun 6 bulan, hingga mereka lulus dan dilantik menjadi seorang Perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua.

Tujuan dari pendidikan integratif ini lanjutnya, adalah untuk membentuk, menanamkan dan menumbuhkembangkan sikap, semangat dan jiwa keparjuritan bagi calon Prajurit Taruna (Capratar) Akademi TNI, dan calon Bhayangkara Taruna (Cabratar) Akpol mengingat mereka sebelumnya adalah masyarakat sipil.

“Pendidikan dasar gabungan ini sebagai upaya untuk membangun semangat integrasi dan mewujudkan sinergitas antara TNI dan Polri mengingat para Caprabhatar adalah calon-calon generasi pemimpin TNI-Polri di masa datang,” terangnya.

Sementara itu usai upacara, Gubernur AAL turun dari mimbar tamu undangan dan menyapa langsung Taruna yang menjadi perhatian yang hadir, karena postur yang tinggi pada posisi penjuru barisan.

Disaat itu Peraih Bintang Adi Makayasa AAL Angkatan ke-35 tahun 1989 ini, juga memberikan semangat dan motivasi agar para taruna tetap bisa menjalani proses pendidikan dengan baik, meski jalannya masih panjang.

Pada Upacara Penutupan Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Akademi TNI/Akpol 2021 ini, juga diserahkan piagam dan apresiasi pada lulusan terbaik tiap angkatan yaitu Taruna AL terbaik diraih Eka Putra Al Ayubby dan Taruna Wanita AL, Gigih Novita Salamun, kemudian Taruna AD terbaik diraih Giofrist Eykman Tomasoa, Taruna terbaik AU, Evan Basith Reswara, Taruna Wanita AU, Salma El Mutafaqqiha Putri A, Taruna terbaik Akpol, Alfath Syahda Kesha Purba dan Taruna Wanita Akpol, Oxana Licanissya.

No More Posts Available.

No more pages to load.