Hadapi Kontijensi, Koarmada I Tingkatkan Kesiapan, Kemampuan dan Profesionalisme Prajurit Melalui Pengembangan Operasi dan Taktik Tempur Laut

oleh -21 views
Dalam rangka menghadapi kontijensi yang ada, Koarmada I melaksanakan diskusi untuk meningkatkan kesiapan, kemampuan dan profesionalisme prajurit melalui pengembangan operasi dan taktik tempur laut bertempat di Gedung O.B. Syaaf Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020).
TNI Angkatan Laut sebagai komponen pertahanan negara di laut memegang peranan penting dalam melaksanakan upaya-upaya penegakan hukum dan kedaulatan di laut dengan menggelar operasi-operasi laut oleh satuan-satuan operasi yang berada dibawah pembinaan Koarmada I.
Mewakili Panglima Koarmada I, Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto menegaskan, “Kemampuan tempur prajurit merupakan kemampuan yang wajib dipelihara dan diasah setiap saat, walaupun dalam kondisi yang sulit seperti pada masa wabah Covid-19 seperti saat ini. Pembinaan personel dalam menjaga dan meningkatkan profesionalisme tidak boleh kendor sedikit pun, karena tantangan yang dihadapi semakin berkembangang dan dinamis.”
Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan sebagai penanggap menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan diskusi ini, sebagai langkah pembinaan, mengasah profesionalisme dan meningkatkan wawasan. Kegiatan ini sangat bagus meskipun dalam masa sulit, saat semua sedang sibuk dengan menghadapi wabah Covid-19, Koarmada I masih tidak pernah melewatkan dalam menjaga profesionalisme, kemampuan dan pengetahuan personel.
Koarmada I merupakan kotama operasi dan kotama pembinaan TNI Angkatan Laut yang memiliki tugas menyelenggarakan operasi laut dan sekaligus melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur dari setiap elemen SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu) yang berada dibawah jajarannya.
Tantangan tugas yang dihadapi oleh Koarmada I cukup tinggi mengingat karateristik wilayah perairan yang strategis berupa selat-selat dan perbatasan-perbatasan laut dengan negara-negara tetangga. Secara khusus isu perbatasan yang dihadapi saat ini mengalami peningkatan perhatian dengan adanya peningkatan konflik berupa kehadiran kapal negara asing yang berada di wilayah klaim NKRI yang berada di wilayah kerja Koarmada I.
Diskusi ini mengangkat tema “Peningkatan Kesiapan, Kemampuan  dan Profesionalisme Prajurit Melalui Pengembangan Operasi dan Taktik Tempur Koarmada I TA 2020” dengan materi diskusi yaitu pengembangan taktik peperangan anti kapal permukaan, pengembangan taktik peperangan anti kapal selam, pengembangan taktik peperangan anti udara, pengembangan taktik peperangan anti ranjau, dan pengembangan taktik peperangan anti elektronika.
Kegiatan dihadiri oleh seluruh personel Koarmada I, baik yang berada di Mako Koarmada I, personel KRI dan personel yang berada di Komplek Satuan Koarmada I Tanjung Uban, dengan menggunakan video conference, sebagai narasumber adalah Staf Ahli Pangkoarmada I.