Haid merupakan siklus yang dialami wanita pada kurun waktu satu bulan sekali. Menjelang haid biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala

 Haid merupakan siklus yang dialami wanita pada kurun waktu satu bulan sekali. Menjelang haid biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala

Tips91 Dilihat

Haid merupakan siklus yang dialami wanita pada kurun waktu satu bulan sekali. Menjelang haid biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala.

Tanda-tanda datangnya haid pertama kali biasanya akan sama dengan tanda yang akan alami di kemudian hari, pada minggu-minggu dan hari-hari sebelum haid tiba.

Beberapa tanda yang umum muncul sebelum haid dikenal sebagai sindrom pramenstruasi (PMS). Berikut ini tanda-tanda yang mungkin menunjukkan haid akan segera datang, dikutip dari Medicine Net, Kamis (16/5/2024).

1. Kram perut
Kram haid bisa menjadi tanda menjelang haid atau dismenorea terjadi karena kontraksi rahim untuk membantu melepaskan lapisan rahim. Nyeri ini sering dirasakan di perut bagian bawah dan bisa menjalar ke punggung bawah dan paha.

2. Kelelahan
Kelelahan merupakan tanda umum menjelang dimulainya haid. Kelelahan ini tanpa sebab yang jelas, biasanya merasa lelah secara mental dan fisik saat ingin haid.

3. Perubahan suasana hati
Perubahan suasana hati yang terkait adalah salah satu tanda paling umum ketika haid Anda akan datang. Ketidakteraturan dalam emosi dapat dikaitkan dengan haid. Bagi sebagian orang, gejala fisik PMS mungkin tidak separah gejala emosional.

4. Lonjakan nafsu makan
Perubahan hormon menjelang haid menyebabkan beberapa orang mengidam makanan manis dan asin. Hormon yang mengontrol suasana hati, sering kali rendah sebelum haid, sehingga Anda bisa makan makanan manis untuk membantu meningkatkan mood.

5. Area payudara nyeri
Payudara Anda menjadi sakit atau berat dan terasa lebih lembut sebelum haid. Perubahan kadar hormon sebelum menstruasi sering kali menyebabkan nyeri ringan pada payudara dan dapat diikuti dengan pembengkakan atau nyeri tekan.

6. Munculnya jerawat
Seminggu sebelum awal haid, Anda akan mengalami peningkatan jerawat yang disebabkan oleh perubahan hormonal normal yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita.

7. Kembung
Retensi air dan perubahan hormon dapat menyebabkan perut kembung dan perasaan penuh, tingginya kadar progesteron dapat memperlambat saluran pencernaan, menyebabkan sembelit dan kembung.

8. Sakit punggung bagian bawah
Rasa sakit yang disebabkan oleh kram perut juga dapat meluas ke punggung bagian bawah, menyebabkan nyeri punggung bagian bawah pada hari-hari menjelang haid.