Peringati Hari Batik Nasional, SMAN 1 Talang Padang Gelar Fashion Show

0 102

Tanggamus,Lampung,dnewsradio.com–Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober disetiap tahunnya, Siswa-siswi dan Dewan Guru SMAN 1 Talang Padang gelar Lomba Fashion Show. (Rabu 2/9/19).

Zakiah S,Pd, Waka Kesiswaan SMAN 1 Talang Padang, kepada awak media dnewsradio.com menceritakan asal-usul Hari Batik Nasional. Awal mulanya Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat mengikuti konferensi PBB. Lalu pada era Susilo Bambang Hudoyono Batik Indonesia didaftarkan pada 4 September 2008 dan pada 9 Januari 2009, pengajuan Batik Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi UNESCO diterima secara resmi.

Lalu Batik dikukuhkan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Non bendawi yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Non bendawi di UNESCO.

Kemudian Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapan setiap 2 Oktober menjadi hari Batik Nasional, dan juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan Batik Indonesia.

” Sek Jen Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo, menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019, maka untuk memperingati hari Batik Nasional ini, kami mengisinya dengan lomba fashion show ” jelasnya.

Dan untuk memperingati Hari Batik Nasional 2019, SMA N I Talang Padang mengisinya dengan lomba Fashion Show, yang pesertanya perwakilan setiap kelas. Dan hasil lomba Fashion Show tersebut dimenangkan oleh juara 1 XII A 1, juara 2 XII A 4, juara 3 XI A 1.

” Acara ini digelar, guna meningkatkan rasa cinta terhada Batik ” imbuhnya

Sementara itu Hi,Sudirman,S,Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Talang Padang menghimbau kepada seluruh dewan guru dan siswa-siswi, agar kiranya dapat mencintai batik, agar kedepannya batik dapet lebih populer lagi.

” Sebagai orang Indonesia, kita harus dapat mencintai budaya Indonesia, salah satunya batik, yang kini sudah diakui oleh UNESCO sebagai budaya warisan dunia ” tandasnya.(PG 1).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ