Heli HS-1305 Ikuti Latihan Picard Naval Exercise di Laut Mediterania

Heli HS-1305 Ikuti Latihan Picard Naval Exercise di Laut Mediterania

Nasional33 Dilihat

 

TNI AL-Dispen Puspenerbal (24/5/2024).
Untuk meningkatkan kemampuan dan koordinasi antar unsur-unsur MTF dari berbagai negara, Heli HS-1305 yang onboard di KRI Diponegoro-365 dalam Satgas MTF (Maritime Task Force) UNIFIL melaksanakan latihan Picard Naval Exercise di Laut Mediterania beberapa waktu lalu.

Picard, singkatan dari Periodic Capability and Readiness Day merupakan suatu program latihan bersama yang diselenggarakan secara rutin tiap tahun dengan melibatkan seluruh unsur kapal perang dari Satgas MTF UNIFIL Lebanon.

Pada kesempatan latihan tersebut, Heli HS-1305 yang diawaki oleh Pilot Kapten Laut (P) Rangga Birawa dan Copilot Lettu Laut (P) Galuh Ariyanto turut berkontribusi dalam beberapa serial latihan, salah satunya Deck Landing Practice (DLP) dengan kapal perang Jerman FGS Brandenburg F-251.

Dalam kegiatan tersebut, turut serta onboard di HS-1305 yaitu Rear Admiral Dick Gartner selaku MTF Commander yang sekaligus melaksanakan kunjungan kehormatan ke KRI Diponegoro-365.

Selain itu juga, Heli HS-1305 dibawah binaan Skuadron Udara 100 Wing Udara 2 Puspenerbal ini, juga melaksanakan latihan Photo Exercise pada saat pelaksanaan kegiatan latihan Replenishment At Sea (RAS) antara FGS Brandenburg dengan kapal perang Bangladesh BNS Sangram dan kapal perang Turki TCG Bozcaada.

Pada kesempatan itu, MTF Commander menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Crew dari KRI Diponegoro-365 dan Heli HS-1305 atas segala pelaksanaan operasi selama di Lebanon.

Kegiatan Picard Naval Exercise ini diikuti oleh lima kapal dari berbagai negara antara lain Indonesia, Jerman, Yunani, Turki dan Bangladesh serta unsur-unsur kapal perang Lebanon Navy.